Studi Literatur Pengaruh Group Investigation terhadap Berpikir Kritis dan Oral Activity Siswa

Hirnanda Agustiawan*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Studi Literature Research Instrument
Pembelajaran abad 21 mengarahkan siswa untuk merumuskan masalah dan menekan kerjasama dalam kelompok agar mampu berpikir kritis dan komunikatif. Pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang melibatkan peran aktif siswa sehingga rasa ingin tahu dan kamampuan bertanya siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigastion (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan aktivitas lisan siswa berdasarkan hasil studi literatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian literature review dengan desain penelitian narrative review. Artikel diperoleh 34  dilakukan validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa studi literatur pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas lisan siswa pada materi biologi yaitu, terdapat pengaruh model group investigation (GI)  terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi biologi dan terdapat pengaruh model group investigation (GI) terhadap aktivitas lisan siswa.

 

Supplement Files

Keywords : aktivitas lisan; berpikir kritis; group investigation; narrative review.

  1. Aini, Z., Ramdani, A., & Ahmad, R. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Group Investigation dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. JURNAL PIJAR MIPA, XIII(1), 19–23.
  2. Anggis, E. V. (2018). Penggunaan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Smp. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3(02), 1–4. https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.94
  3. Aslahah, B. H. al, Susilo, H., & Prasetyo, T. I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Di Kota Malang. Journal Online UM, 5(564), 1–19. https://doi.org/10.4324/9781315853178
  4. Asokawati, B. M., Widodo, A. T., & Mursiti, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terintegrasi investigasi terhadap hasil bealajar dan aktivitas siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2170–2178.
  5. Bano, N. D. N., Supu, A., & Lantik, V. (2019). Penerapan Model Number Head Together dan Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edufisika Jurnal Pendidikan Fisika, 4(Vol 4 No 2), 54–64.
  6. Darmawanti, D. Y. (2017). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Quantum teaching Siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Skripsi, 60.
  7. Daud, F., & Warti, D. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Pada Konsep Ekosistem. Bionature, 12(1), 45–52.
  8. Fahriani, V. P., Wahyu, W., Setiawan, R., Hidayat, R., Karawang, U. S., & Indonesia, U. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation ( Mpkt G I ) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Topik Titrasi Asam-Basa. Dinamika Pendidikan, 12(2), 87–98.
  9. Hapsari, D. P., Sudarisman, S., & Marjono. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajarann Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28.
  10. Hayani, F. (2017). Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Fungi Dengan Model Kooperatig Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI). Skripsi.
  11. Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).
  12. Juwita, C. N., Samingan, & Sarong, M. A. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Multimedia Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie Pada Materi Sistem Penapasan. Jurnal Biotik, 2(2), 83–87.
  13. Linda. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif (C1-C4) Siswa Pada Materi Ekosistem Melalui Model Group Investigation Kelas X-7 di SMA N 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi.
  14. Maula, D., Sri, T., & Wulandari, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation ( GI ) dengan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Effect of Cooperative Learning Model Type Group Investigation ( GI ) With Flash Card Media to Critical Thinking Abi. Proceeding Biology Education Conferce, 15 (1), 317–323.
  15. Murdiyani, I. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Metode E-Learning Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1).
  16. Nadiya, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation ( GI ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(2), 49–51.
  17. Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Pengembangan, 1(7), 1399–1404.
  18. Oktaviani, O., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik.
  19. Palestina, S. M. F., Samingan, & Apriana, E. (2014). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Biotik, 2(1), 72.
  20. Riani, E. D., Peniati, E., & Supriyanto. (2017). Penerapan Model Group Investigation terhadap Kemampuan Bertanya Siswa Materi Sistem Regulasi. Journal of Biology Education, 6(2), 232–239. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i2.19326
  21. Rosiani, E., Parmin, & Taufiq, M. (2020). Coopeerative Learning Model Of Group Investigation Type On Students Critical Thinking Skill and Scientific Communication Skills. Unnes Science Education J, 9(1), 392–402.
  22. Santyasa, I. W., Kanca, I. N., Warpala, I. W. S., & Sudarma, I. K. (2019). Group Investigation and Explicit learning Models in Learning Physics at Senior High Schools. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 203–216. https://doi.org/10.21009/1.05216
  23. Surya, E., Khairil, & Razali. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Edubio Tropika, 2(April), 121–186.
  24. Suswina, M. (2016). Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep Untuk Pembelajaran Biologi Sma Semester 1 Kelas Xi. Ta’dib, 14(1). https://doi.org/10.31958/jt.v14i1.196
  25. Trismanita, S., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik.
  26. Wang, carol chungfeng, Andre, K., & Greenwood, kenneth mark. (2015). Nurse Education Today Chinese students studying at Australian universities with speci fi c reference to nursing students : A narrative literature review. Nurse Education Today, 35(4), 609–619. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.12.005
  27. Wibowo, S. (2011). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative learning Tipe Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS). Skripsi, 18–19.
  28. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
  29. Wijayanti, W., Herlambang, S., & K, M. S. (2013). Pengaruh model pembelajaran group investigation (gi) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 1 mejayan kabupaten madiun. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang, 3(1), 14.
  30. Winarni, Santosa, S., & Ramli, M. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Oral Activities Siswa SMA Discovery Learning Model for Enhancing Oral Activities of High School Student. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 55–61.
  31. Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatiftipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Jurnal Pena Sains, 1(2), 36–45.

Open Access Copyright (c) 2021 Bioeduca: Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps