Studi Literatur Pengaruh Group Investigation Terhadap Berpikir Kritis Dan Oral Activity Siswa

Hirnanda Agustiawan*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Studi Literature Research Instrument

Pembelajaran abad 21 berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi. Berkomunikasi merupakan salah satu indikator dari oral activity. Pembelajaran yang dilakukan pada salah satu sekolah di Yogyakarta diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis dan oral activity siswa di kelas masih rendah. Penerapan model pembelajaran yang sama pada materi biologi membuat siswa belum berpikir kritis secara optimal dan membuat siswa dalam kemampuan oral activity juga masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigastion (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan oral activity siswa berdasarkan hasil studi literatur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian literature review dengan desain penelitian narrative review. Prosedur pencarian artikel dengan menggunakan website dari jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal nasional belum terakreditasi, prosiding, dan repository. Artikel tersebut dilakukan validasi dengan menyesuaikan ketentuan 4 kriteria.  sehingga diperoleh 30 artikel yang berasal dari 3 jurnal internasional, 17 jurnal nasional terakreditasi 3 jurnal nasional belum terakreditasi, 4 prosiding dan 3 reposotory. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model group investigastion (GI) memiliki kelebihan dalam menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan oral activity siswa. Langkah pembelajaran model group investigastion (GI) saling berkaitan dengan aspek kemampuan berpikir kritis dan oral acitivity. Terdapat model lain yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan oral activity, namun model group investigastion (GI) lebih baik jika dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan oral activity siswa. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran group investigastion (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan oral activity siswa

Supplement Files

Keywords : Literature Review, Narrative review, Group investigation, Critichal Thingking, Oral activity

Open Access Copyright (c) 2021 BIOEDUCA : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps