UIN Walisongo - Indonesia
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Al Qur’an tentang Perintah Menjaga Kelestarian Alam Melalui Teknik Mind Mapping pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016
This study aim to know what the using of mind mapping learning model can
improve the activity and outcomes of learning of reading the Qur'an class XI SMAN IPS2 1 Cepiring Kendal in the academic year 2015/2016. This study design using classroom action research (Class Research and Development). Depending on the action, it can be concluded that: Using learning model mind map / mind mapping can improve learning outcomes recitation class XI student of SMAN 1 Cepiring IPS2 Kendal in academic year 2015/2016 from pre-conditions that they have not been able reading makhroj aspect, tajwid fluently to be able makhroj, tajweed and tartil fluently. Average value learning and reading outcomes also increased 70.52 into 86.88.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pemanfaatan
model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar membaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring Kabupaten
Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain
Penelitian Tindakan Kelas (Class Research and Developement). Berdasarkan
tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pemanfaatan model
pembelajaran peta pikiran/mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar
membaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMAN 1 Cepiring Kabupaten
Kendal tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal belum mampu
membaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil secara baik dan benar
menjadi mampu membaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil.
nilai Nilai rata–rata hasil belajar membaca juga mengalami peningkatan dari
kondisi awal rata-rata hasil belajar membaca 70,52 menjadi 86,88.
Keywords: Mind mapping; aktivitas belajar dan hasil belajar membaca Al Qur’an; Mind mapping; activity learning and results learning to read the Qur’an
- Agus, Supriyono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
- Ahmad Chaniago, Defri. 2010. Aktivitas Belajar. Diakses pada tanggal 20 Januari 2016. Jam 14.20 WIB
- Anni, Catharina T.2007. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES
- Arikunto, Sunardji. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Bachmud, Edmund. 2005 Metode Belajar Berfikir Kritis dan Inovatif. Jakarta: PT Prestasi Pustaka Jaya
- Burhanudin dan Wahyuni, N,. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar Ruzz Media Group.
- Busan, Tony.2008 Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
- Departemen Agama RI. 2006.Al Qur’an dan terjemahnya. Kudus: Menara Kudus
- Departemen Pendidikan Nasional.2014.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
- DePorter, Bobbi, dkk. 2002 Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ari Nilandari. Bandung: Kaifa, PT Nizan Pustaka.
- Dry, Gorden. 2003 Revolusi Cara Berpikir (The Learning Revolution): Belajar Akan Efektif Bila Anda dalam Keadaan “FUN”. Bagian 2: Sekolah Masa Depan. Bandung: Kaifa
- Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Joko Susilo, M. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogjakarta: Pinus.
- Nazir, Muhammad, Ph.D. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Gholia Indonesia.
- Sicinski, Adam. 2009. Mind Mapping is something I Kind Of Fell into Out Of NecessityTerjemahan Muhammad Noer. Blog Pengembangan Diri. Com.
- Sudjana. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Sugiartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
- Trianto. 2010. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Surabaya: Prestasi Pustaka Publiser.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.