Pola Pembinaan Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial bagi guru sebagai ruh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pembinaan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Reset mendalam dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa Program pembinaan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial sumber daya manusia di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo menggunakan 6 (enam) bentuk meliputi: 1. sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah, 2. baitul Arqom untuk guru dan karyawan, 3. kursus/tahsin baca al-Qur’an untuk guru dan karyawan, 4. sholat tahajud berjamaah setiap ahad dini hari, dan 5. training motivasi dan 6. konseling, sedangkan program pembinaan kompetensi sosial dilakukan dengan 3 (tiga) bentuk, yaitu: 1. paket Simpatik, 2. MGMP dan 3. sinergy Building. Pola ini telah berhasil menghantarkan guru sebagai guru yang profesional yang kuat dan berwibawa.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arifin, 2010, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja, Yogyakarta: Teras.
Arifin, 2010, Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Lilin Persada Press.
Aziz, 2012, Abd., Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2009.
Baharuddin & Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar Ruz Media.
Daradjat, 2005, Zakiyah, Kepribadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang.
Depdiknas, 2007, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Sekolah Dasar, Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Ibn Rusd, Abidin, 1998, Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, 2013, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto, 2001, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim, 2009, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung, PT. Rosdakarya.
Rhodes, Christopher, Michael Stokes and Geoff Hampton, A Practical Guide to Mentoring, Coaching, and Peer-Networking; Teacher professional development in Schools and Colleges.
Sahertin, PietA. & Frans Mataheru, 1981, Prinsip & Tekhnik Supervisi Pendidikan, Surabaya: Usana Offset Printing.
Suparlan, 2005, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing.