SOSIO EMOSIONAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KOGNITIF SISWA MADRASAH ALIYAH

malikhatul hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi bela- jar kimia dengan kondisi sosio emosional yang mencipkatan suatu kondisi yang belajar yang baik,efektif serta efisien: (1) antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran eksplorasi, elaborasi, konfirmasi (EEK), (2) terhadap pengaruh interaksi model pembelajaran dengan gaya kognitif, (3) antara siswa yang mengikuti model pembela- jaran berbasis masalah dan pembelajaran EEK pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent, dan (4) antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan EEK pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2 posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X  Madrasah Aliyah Walisongo Jepara tahun pela- jaran 2013/2014. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik intake kelas. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) perbedaan signifikan terhadap variable prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa se- cara bersama-sama (F=2,944; p<0,05). Artinya, prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa bersama-sama menunjukkan perbedaan signifikan antara model pembelajaran; (2) interaksi antara model pembela- jaran dan gaya kognitif secara bersama terhadap prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa (F=47,456; p<0,05); (3) perbedaan signifikan variabel model pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa untuk siswa yang bergaya kognitif field independent (F=34,337; p<0,05); (4) perbedaan signifikan variabel model pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (F=17,912; p<0,05).


Keywords


pembelajaran berbasis masalah, gaya kognitif, prestasi belajar kimia, kondisi sosio emosional siswa

Full Text:

PDF

References


Aryantha, I K. D. 2011. Pengaruh Pembelajaran Experiential dan Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pokok Bahasan Kalor dan Pemuaian. Tesis PPs Undiksha Singaraja: Tidak diterbitkan.

Degeng, I. N. S. 1989. Ilmu pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud, Ditjen Dikti, P2LPTK.

Lamba, H. A. 2006. Pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD dan gaya kognitif terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan 13(2), 122-128.

Margunayasa, I G. 2009. Pengaruh model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan ber- pikir kritis pada siswa kelas VIII SMPN 2 Singaraja. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana UNDIK- SHA Singaraja.

Sadia, I W. 2007a. Pembelajaran berbasis masalah (Problem-based learning): Suatu model pembelajaran berorientasi konstruktivisme. Makalah. Disajikan dalam pelatihan pembelajaran inovatif bagi guru MIPA di lingkungan Dinas Pendidikan Ka- bupaten Karangasem, 22 Oktober 2011.

Suriti, K. M. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Sikap Kritis Siswa: Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPASMA Negeri 7 Denpasar. Tesis pada Prodi Pendidikan Sains, PPs Undiksha,Singaraja. Tidak diterbitkan.

Sutarno, E. 2008. Penerapan Siklus Belajar Experiential untuk Menin- gkatkanKompetensi Dasar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. JurnalPendidikan dan Pengajaran Undiksha, No. 1 TH. XXXXI Januari 2008

Tiastra, I M. 2010. Pembelajaran Kontekstual Melalui Pembuatan Tahu sebagai UpayaMeningkatkan Kualitas Pembelajaran di kelas XII IPA SMAN 1 Kubu TahunPelajaran 2007/2008. Jurnal Pendidikan Sastracarya. Vol.1 No.2 September 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2014.4.1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id