ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU KIMIA (STUDI PADA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA TADRIS KIMIA)

Main Article Content

mulyatun s

Abstract

Pembekalan praktis kependidikan bagi mahasiswa calon guru di LPTK mutlak diperlukan untuk meningkatkan kompetensi calon guru ke- tika terjun di dunia pendidikan. Pembekalan ini dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, diantaranya melalui praktik pengajaran secara mikro (microteaching) maupun melalui praktik mengajar secara riil di sekolah (Praktik Pengalaman Lapangan).  Penelitian ini bertujuan untuk menge- tahui tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar calon guru Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo pada kegiatan Praktik Pengala- man Lapangan (PPL).
Penelitian dilaksanakan di Program Studi Tadris Kimia Fakultas Tar- biyah IAIN Walisongo Semarang dengan melibatkan mahasiswa Tadris Kimia yang mengambil mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan. Data diperoleh dengan metode observasi pada kegiatan pembelajaran di kelas oleh mahasiswa calon guru Kimia. Delapan keterampilan dasar mengajar mahasiswa diamati dan dianalisis pada pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan  meliputi  (1)  Keterampilan  bertanya,  (2)  Keterampilan  mem- beri penguatan, (3) Keterampilan mengadakan variasi, (4) Keterampilan menjelaskan, (5) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, (6) Ket- erampilan membimbing diskusi kelompok kecil, (7) Keterampilan menge- lola kelas, (8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Delapan keterampilan dasar mengajar Mahasiswa Tadris Kimia pada pelaksanaan PPL secara keseluruhan adalah baik dangan persentase pe- nilaian mencapai 69,59%. Keterampilan dasar mengajar mahasiswa Tad- ris Kimia yang paling menonjol adalah ketrampilan memberi penguatan (74,14%), sedangkan ketrampilan yang paling rendah adalah keterampilan mengadakan variasi (64,86%).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
s, mulyatun. (2016). ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU KIMIA (STUDI PADA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA TADRIS KIMIA). Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(1), 79–90. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.1.112
Section
Articles

References

Furqan. 1997. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: CV AlFA- BETA

Hasibuan dkk. 1991. Prinsip Belajar Mengajar: Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro. Bandung: Remaja Rosda Jaya.

Marno dan Idris. 2008. Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung:Rosdakarya

Pidarta, Made. 1980. Pengelolaan Kelas. Usaha Nasional: Surabaya

Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: CV Ra- jawali

Tim Penyusun .2010. Panduan Praktik Pembelajaran Micro. UPPL UNY Tim. 2013. Buku Panduan Praktik Pengalaman Lapangan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Turney, C.dkk. 1973. Sydney Micro Skills Handbook Series 1-5. Sidney:Sydney University

Undang-undang Nomor 14 tentang Guru dan Dosen serta Standar Nasional Pendidikan Tahun 2005. Jakarta: CV. Tamita Utama.

Usman, Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.