IMPLEMENTASI PROGRAM KERJASAMA ANTARA PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA INDUSTRI

dina sugiyanti, didik nurhadi*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Masalah utama pendidikan nasional adalah bagaimana upaya untuk memperbaiki mutu lulusan yang masih rendah. Hal ini antara lain ditandai oleh: (a) ketidaksiapan sebagian be- sar lulusan untuk memasuki dunia kerja, (b) rendahnya perole- han skor rata-rata ujian akhir pada hampir semua bidang studi (< 5,00), (c) proses pembelajaran di lembaga pendidikan um- umnya belum berorientasi pada kompetensi yang dibutuhkan masyarakat pengguna (users), (d) substansi bidang studi belum menapak pada kebutuhan empirik sehingga menimbulkan pen- guasaan yang verbalistik, dan (e) ketidakseimbangan pertumbu- han pasar kerja dengan penambahan jumlah calon tenaga kerja dalam kualikasi.
Banyak cara yang  dapat  ditempuh untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, salah satunya dengan mod- el pendidikan kolaboratif. Model pendidikan kolaboratif yang dilakukan dengan mengoptimalkan kemitraan lembaga pendi- dikan dengan dunia bisnis dan industri maupun masyarakat pengguna lainnya secara lebih luas mampu meningkatkan mutu lulusan yang kompetitif. Dengan demikian, diharapkan lulusan lembaga pendidikan tersebut selain siap kerja juga siap mencip- takan lapangan kerja bagi dirinya dan orang lain.

Keywords: Perguruan tinggi, industri, pembelajaran kolaboratif

  1. Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Ary, D, Jacobs, L.C., & Razavich. 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional
  3. Black, J. A. & Champion, D. J. 1999. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: PT. Reka Aditama
  4. Eddy Sutadji dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Tahun 27, Nomor
  5. , Juli 2000 Hal. 149-157 yang Berjudul Pengembangan Mod- ul Pembelajaran Individual untuk Meningkatkan Kualitas dan Hasil Pembelajaran dalam Matakualiah Pengetahuan Bahan. Malang: UM Malang
  6. E. Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  7. Hamalik Oemar. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  8. J. P. Miller and W. Seller. 1998. Curricullum: Perspectives and Practice. Toronto. Copp Clark Pitman Ltd.
  9. Judawati dan Priyono. 2000. Model Pendidikan Sistem Ganda: Studi Kasus Pelaksanaan Pengajaran Praktik Profesi Kejuruan di PT. PAL Surabaya. Malang: Lembaga Penelitian
  10. Universitas Negeri Malang
  11. Moedjianto dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Agustus 1997 Jilid
  12. , Nomor 3, Hal. 139-149 yang Berjudul Peningkatan Mutu Lulusan STM Melalui Pendidikan Sistem Ganda. Malang: UM Malang
  13. Sanjaya, Wira. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana
  14. Sa’dun Akbar dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, November 1997 Ji- lid 4, Nomor 4, Hal. 197-205 yang Berjudul Kemitraan Seko- lah Dengan Dunia Kerja: Pengembangan Karir Pada Sekolah Lanjutan di Jepang dan Indonesia. Malang: UM Malang
  15. Sonhadji, Ahmad. 2005. Bahan-Bahan Perkuliahan Landasan Pendidikan Kejuruan. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang: Malang
  16. Syafrudie, Haris A., dan Pribadi. 1999. Peran Institusi Pasangan Dalam Pelaksanaan Sistem Ganda. Malang: Lembaga Penelitian UM Malang
  17. Vidya Singh-Gupta dan Eileen Troutt-Ervin. 1997. Assessment Of Workplace Writing And Incorporation Into Curriculum. (Online) Vol. 13, No. 2.
  18. Usep Kustiawan dan Wahyu Sakti Gunawan Irianto dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Tahun 26, Nomor 2, Juli 1999 Hal.
  19. -169 yang Berjudul Relevansi Program Pendidikan SMK
  20. dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Malang: UM.
  21. Wena, M., dkk. 1994. Pola Pelaksanaan Program Pengajaran Praktik Industri Pada Sekolah Teknologi Menengah di Kotamadya Malang. Malang: P3T UM.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps