PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI FLUIDA STATIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, serta kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk. Produk yang dikembangkan berupa panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi fluida statis untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Lampung Timur dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D). Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yaitu, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik angket. Data hasil wawancara dan angket dianalisis kemudian digunakan untuk merencanakan produk. Produk yang telah dikembangkan dinilai tingkat validitas desain dan materi oleh dua orang dosen pendidikan fisika Universitas Lampung dan satu orang guru fisika MAN 1 Lampung Timur. Nilai Validitas desain mendapat nilai rata-rata 3,57 dengan kualitas sangat layak dan validitas materi mendapat nilai rata-rata 3,33 dengan kualitas layak. Setelah melalui uji validasi, produk direvisi sesuai saran dan perbaikan, kemudian produk diuji kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan kepada 4 orang siswa-siswi kelas XI MIA 2 MAN 1 Lampung Timur yang diambil secara acak. Hasil uji kemenarikan mendapat nilai rata-rata 3,29 dengan kualitas tinggi, uji kemudahan mendapat nilai rata-rata 3,28 dengan kualitas tinggi, dan uji kemanfaatan mendapat nilai rata-rata 3,29 dengan kualitas tinggi.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Borg, W. R., Gall, M. D., & Gall. J. P., (2003). Educational Research an Introduction (7th ed). Boston: Pearson Education Inc.,
Furqan, H. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 04, No.02, hlm 124-129.
Mc Kenzie. W. (2005). Multiple Intelligences and Instructional Technology. Oregon: International Society for Technology in Education.
Ozgelen. S. (2012). Students’ Science Process Skills Within a Cognitive Domain Framework. Pp 283-292 in: Eurasia Journal of Mathematic, Science, and Technology Education. Retrieved from http://dx.doi.org/10.12973/eurasia. 2012.846a.Pp 283.
Pornel, J.B., & Saldana, G.A. (2013). Four Common Misuses of the Likert Scale. Philippine Journal of Social Sciences and Humanities Vol. 18 No. 2 (2013). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/309240449_Four_ Common_Misuses_of_the_Likert_Scale.
Retnosari, G., Maharta, N., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3): 97-107.Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ JPF/article/view/8619.
Safitri R., Rahmazani, & Adlim. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Statis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Subamia, I. D.P., Wahyuni, I.G.A.N.S., & Widiasih, N.N. (2015). Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi Lingkungan Penunjang Pembelajaran IPA SMP Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 4 No. 2 hal. 675-685. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/download/ 6064/4308.
Sundari, T., Puspitasari, D., & Heliawati, L., (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Vo. 6 no. 2. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/viewFile/1227/1394.
Syamsu, F.D., (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. Jurnal BIOnatural Vol. 4 No.2 (2017): 13-27. Retrieved from http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190/177.
Zakaria, A. A. W., Abdurrahman, & Nyeneng, I. D. P. (2017). Pengembangan LKPD Berorientasi Scientific Literacy untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5): 57-66. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/14052 /10152.