APLIKASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK METODE INQUIRY BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN HUKUM-HUKUM YANG BERHUBUNGAN DENGAN FLUIDA STATIS DAN DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK
Main Article Content
Abstract
Tahun pelajaran 2013/2014 seluruh SMA dan SMK Negeri di Indo- nesia mulai mengimplementasi kurikulum 2013. Proses pembelajaran kurikulum 2013 pada jenjang tersebut dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan saintifik. Cakupan pendekatan saintifik ini meliputi tiga ranah yaitu pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penerapan pendekaan saintifik dirangkai dengan salah satu metode pembelajaran yaitu metode inquiry based learning atau problem based learning atau project based learning. Penilaian hasil belajar dengan pendekatan saintifik telah dipatok KKMnya sebesar 75 yang setara dengan 2,66 atau B-.
Dari uraian tersebut penulis mencoba melakukan peneletian tinda- kan kelas untuk mengetahui kegiatan aplikasi pendekatan pembelajaran saintifik metode inquiry based learning pada kompetensi dasar menerap- kan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi dasar terse- but pada siswa kelas X TKBT2 SMK Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus pada pokok bahasan tekanan hidrostatik,gaya Archimedes,hukum Pascal,tegangan permukaan,viskositas dan hukum Stokes. Siklus pertama diberlaku- kan pada pokok bahasan tekanan hidrostatik,gaya Archimedes,hukum Pascal. Siklus kedua diberlakukan pada pokok bahasan tegangan permukaan,viskositas dan hukum Stokes.
Data hasil belajar diambil melalui observasi dan tes. Data observasi untuk memperoleh nilai sikap dan nilai keterampilan, data tes untuk mem- peroleh nilai pemahaman. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitaif dibantu program SPSS versi 17.0 dan dibantu dengan grafi. Pada siklus pertama rata-rata nilai ranah sikap 76,57 rata-rata nilai ranah ketarmpilan 76,67 dan rata-rata nilai ranah pemahman 75,60. Sedangkan pada siklus kedua rata-rata nilai ranah sikap 80,56 ,rata-rata nilai ranah keterampilan 81,86, dan rata-rata ranah pemahaman 80,54.
Kesimpulan bahwa kegiatan yang dirancang dalam aplikasi pembe- lajaran dengan pendekatan saintifik metode inquiry based learning pada kompetensi dasar menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis sesuai dengan landasan teori, dan dapat mening- katkan hasil belajar siswa kelas X SMK.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013
Agus Sulisto, dan Adi Mulyono, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surakarta: ITA.
Agus Suprijono, kooperatif learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung: Yrama Widya 2013. Maman Rachman, Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: Unnes, 2008. Modul Pelatihan dan pendampingan implementasi kurikulum 2013, SMK N 3 Semarang.
Rudi Hartono, Ragam Metode yang Mudah Diterima Murid, Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Sigit Mangun Wardoyo, Pembelajaran Berbasis Riset, Purbalingga: Akademia, 2013.
Soetomo, WE, Perancangan dan Pengembangan Sistem Pembelajaran, Semarang: YSBI Kanthil, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.