PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERHITUNG PERKALIAN DENGAN METODE JARIMAJIG

kristi liani purwanti

Abstract


 

Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman be- lajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga siswa memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari. Salah satu komponen yang menentukan ketercapaian kompetensi adalah penggunaan strategi pembelajaran, yang sesuai dengan (1) topik yang se- dang dibicarakan, (2)   tingkat perkembangan intelektual siswa, (3) prin- sip dan teori belajar, (4) keterlibatan aktif siswa, (5) keterkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari, dan (6) pengembangan dan pemahaman pe- nalaran matematis. Otak merupakan bagian sentral dari fungsi dasar vi- tal pada manusia. Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal). Berhitung perkalian dengan otak kanan salah satunya adalah metode jarimagic dimana perantara untuk menghi- tung perkalian menggunakan jari-jari tangan. Kemampuan mengingat, menalar, dan merasakan perbedaan sikap atau perlakuan orang lain juga berkembang dengan pesat. Anak lebih sensitif, cerdas, dan aktif secara fisik mupun psikologis. Belajar matematika dengan otak kanan lebih menarik, sebab yang selalu digunakan selama ini dengan otak kiri saja. Jika ada ke- seimbangan antara otak kanan dan otak kiri pembelajaran menjadi luar biasa.


Keywords


otak kanan, metode jarimagic, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Auliya, M. Fajar. 2012. Jarimagic Perkalian dan Pembagian. Jakarta: PT. Buku Seru

Bachtiar Soeseno. 2012. Buku Pintar memahami Psikologi Anak Didik. Yogjakarta: Pinang Merah Publisher.

Fazlurrachman, Haris. 2008. Monograf Bahan Ajar Gender. http://curhatpendidikan.blogspot.com/2008/07/monograf.html. (6-1-2009)

Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Tips Jitu Memilih Minan Positif dan Kreatif untuk Anak Anda. Yogjakarta: DIVA Press.

Muhsetyo, Gatot. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yusuf, Suhendra. Perbandingan Gender dalam Prestasi Literasi SiswaIndonesia. http://www.uninus.ac.id/PDF/Suhendra%20

Yusuf%20%20Makalah%20untuk%20Jurnal%20Uninus.pdf.

(20-12-2008).

http://oediku.wordpress.com/2010/01/09/keuntungan-penggu- na-otak-kanan-berbanggalah-jika-engkau-bukan-pengguna- otak-kiri/ ( 25 April 2013)

http://dammar-asihan.blogspot.com/2013/03/perbedaan-fungsi-

otak-kanan-dan-otak.html# (25 April 2013)




DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.1.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id