PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERHITUNG PERKALIAN DENGAN METODE JARIMAJIG
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman be- lajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga siswa memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari. Salah satu komponen yang menentukan ketercapaian kompetensi adalah penggunaan strategi pembelajaran, yang sesuai dengan (1) topik yang se- dang dibicarakan, (2) tingkat perkembangan intelektual siswa, (3) prin- sip dan teori belajar, (4) keterlibatan aktif siswa, (5) keterkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari, dan (6) pengembangan dan pemahaman pe- nalaran matematis. Otak merupakan bagian sentral dari fungsi dasar vi- tal pada manusia. Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal). Berhitung perkalian dengan otak kanan salah satunya adalah metode jarimagic dimana perantara untuk menghi- tung perkalian menggunakan jari-jari tangan. Kemampuan mengingat, menalar, dan merasakan perbedaan sikap atau perlakuan orang lain juga berkembang dengan pesat. Anak lebih sensitif, cerdas, dan aktif secara fisik mupun psikologis. Belajar matematika dengan otak kanan lebih menarik, sebab yang selalu digunakan selama ini dengan otak kiri saja. Jika ada ke- seimbangan antara otak kanan dan otak kiri pembelajaran menjadi luar biasa.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Auliya, M. Fajar. 2012. Jarimagic Perkalian dan Pembagian. Jakarta: PT. Buku Seru
Bachtiar Soeseno. 2012. Buku Pintar memahami Psikologi Anak Didik. Yogjakarta: Pinang Merah Publisher.
Fazlurrachman, Haris. 2008. Monograf Bahan Ajar Gender. http://curhatpendidikan.blogspot.com/2008/07/monograf.html. (6-1-2009)
Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Tips Jitu Memilih Minan Positif dan Kreatif untuk Anak Anda. Yogjakarta: DIVA Press.
Muhsetyo, Gatot. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yusuf, Suhendra. Perbandingan Gender dalam Prestasi Literasi SiswaIndonesia. http://www.uninus.ac.id/PDF/Suhendra%20
Yusuf%20%20Makalah%20untuk%20Jurnal%20Uninus.pdf.
(20-12-2008).
http://oediku.wordpress.com/2010/01/09/keuntungan-penggu- na-otak-kanan-berbanggalah-jika-engkau-bukan-pengguna- otak-kiri/ ( 25 April 2013)
http://dammar-asihan.blogspot.com/2013/03/perbedaan-fungsi-
otak-kanan-dan-otak.html# (25 April 2013)