Analisis Pengaruh Prestasi Pengajaran Mikro dan Kemampuan Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Mengajar Matematika dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL)

Main Article Content

Sofri Rizka Amalia Dian Purwaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh prestasi pengajaran mikro terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, menganalisis pengaruh kemampuan disposisi matematika  terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, dan menganalisis pengaruh prestasi pengajaran mikro dan kemampuan disposisi matematika terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Pancasakti Tegal dan UNiversitas Peradaban Bumiayu. Pengambilan subjeknya dengan purposive sampling. Subjek dalm penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII program studi pendidikan matematika Universtas Peradaban Bumiayu, dan Universitas Pancasakti Tegal. Analisis dalam penelitian ini dengan  uji regresi menggunakan SPSS 16. Hasil analisis penelitian ini adalah ada pengaruh positif prestasi pengajaran mikro terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, ada pengaruh positif kemampuan disposisi matematika terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, ada pengaruh positif prestasi pengajaran mikro dan kemampuan disposisi matematika terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purwaningsih, S. R. A. D. (2017). Analisis Pengaruh Prestasi Pengajaran Mikro dan Kemampuan Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Mengajar Matematika dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL). Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 11–21. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1490
Section
Articles

References

Arsito, S. (2014). Analysis Of Relationship Between Micro Teaching Achievement and Teaching English Ability in Apprenticeship. Jurnal Pendidikan Telesari, 4 (1).

Fadly, A. (2015). Pengaruh Prestasi Belajar Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Tata Niaga. Medan: Universitas Negeri Medan.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhidin, S. A. dan Maman A. (2011). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

National Council of Teacher of Mathematics. (1989). Curriculum and evaluation standard for school mathematics. Reston, VA: Author.

NCATE/NCTM. (2003). Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. http://www.math.uri.edu/ ~eaton/ NCATENCTM. pdf (diunduh 20 September 2013).

Ruseffendi, H. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : PT.Tarsito

Setyaningrum, W. (2009). Pengaruh Pengajaran Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Tahun Ajaran 2008/2009.Surakarta : UMS.

Sofuroh. 2014. Model Learning Cycle 5E Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis dan Berpikir Kritis. Unnes Journal Of Mathematics Education Research, 3 (2), 91-97.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT Tarsito.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukestiyarno,Y. L. 2012b. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Supriatna, D. 2009. “Konsep Dasar Desain Pembelajaran”. Online http://docs.google. com/gview?url=http://www.tkplb.org/documents/etrainingmedia%20pembelajaran/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaran.pdf.(12 Januari, 2015: 19.14)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.