UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
PROFIL KOMPETENSI 4C’S SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL READING-CONCEPT MAP-JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model reading-concept map-jigsaw pada materi sistem ekskresi terhadap kompetensi 4C’s siswa SMA N 2 Ungaran. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI MIPA SMA N 2 Ungaran. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Rata-rata nilai posttest kelas XI MIPA 2 adalah 80,76 dan kelas XI MIPA 3 adalah 90,21. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Uji n-gain dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, yang menunjukkan hasil rata-rata n-gain kelas XI MIPA 2 adalah 0,64 (sedang) dan rata-rata n-gain XI MIPA 3 adalah 0,81 (tinggi). Rata-rata nilai kuesioner keterampilan berpikir kreatif pada kelas XI MIPA 2 adalah 70,73 dan kelas XI MIPA 3 adalah 75,21. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai kuesioner kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikasi 0,008 < 0,05. Rata-rata nilai observasi keterampilan komunikasi pada kelas XI MIPA 2 adalah 74,77 dan kelas XI MIPA 3 adalah 85,53. Rata-rata nilai observasi keterampilan kolaborasi pada kelas XI MIPA 2 adalah 77,03 dan kelas XI MIPA 3 adalah 83,88. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil nilai observasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hasil ini diperkuat dengan tanggapan guru dan siswa yang memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran remap jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pembelajaran model reading-concept map-jigsaw pada materi sistem ekskresi berpengaruh terhadap kompetensi 4C’s siswa SMA N 2 Ungaran.
Kata kunci: kompetensi 4C’s, model reading-concept map-jigsaw, sistem ekskresi.
Keywords: saintek; walisongo; phenomenon; pendidikan;biology education
- Aloqaili, A. S. 2011. The Relationship Between Reading Comprehension and Critical Thinking: A Theoretical Study. Journal of King Saud University-Languages and Translation, 24: 35-41.
- Anggis, Eka Vasia. 2016. Peran Model kooperatif Jigsaw Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 493-497.
- Ennis, RH. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. New Jersey: University of Illinois.
- Fadliyani, Muhibbuddin, dan M. A. Sarong. 2014. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Biotik, 2 (1): 17-22.
- Faizah, S. S. Miswadi, S. Haryani. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2): 120-128.
- Fitri, F. A., Y. U. Anggraito, S. Alimah. 2018. The Effectiveness of Guided Inquiry Strategy on Students’Collaborative Skill. Journal of Biology Education, 7(2): 144-150.
- Grace, D. M. & J. W. Gilsdorf 2004. Classroom Strategies for Improving Students’Oral Communication Skills. Journal of Accounting Education. Ed. 22. pp:165-172.
- Halimah, L. & V. Sukmayadi. 2019. The Role of “Jigsaw” Method in Enchancing Indonesian Prospective Teachers’Pedagogical Knowledge and Communication Skill. International Journal of Instruction, 12(2): 289-304.
- Halley, J., C. Heiserman, V. Felix, A. Eshleman. 2013. Students Teaching Students: A Method for Collaborative Learning. Learning Communities Research and Practice, Vol. 1, Iss. 3, Art.7. pp: 1-18.
- Handoko, Hendri. 2018. Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model SAVI Berbasis Discovery Learning Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal EduMa, 6(1): 85-95.
- Hawkins, K. T. 2012. Thinking and Reading Among College Undergraduates: An Examination of the Relationship Between Critical Thinking Skills and Voluntary Reading. Dissertation. University of Tennessee.
- Hermawan, P Siahaan, E Suhendi, I Kaniawati, A Samsudin, A. H. Setyadin, S. R. Hidayat. 2017. Desain Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. JPPPF-Jurnal Penelitian&Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2): 167-174.
- Hernawati, D. & M. Amin. 2017. Analisis Self Efficacy Mahasiswa Melalui Kemampuan Presentasi di Kelas. Education and Human Development Journal, 02 (01): 26-33.
- Hertiavi, M. A., L Langlang, S Khanafiyah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 6: 53-57.
- Hosseini, E., F. B. Khodaei, S. Sarfallah, H. R. Dolatabadi. 2012. Exploring the Relationship Between Critical Thinking, Reading Comprehension, and Reading Strategies of English University Students. World Applied Sciences Journal, 17(10): 1356-1364.
- Indriwati, S. E., H. Susilo, I. M. S. Hermawan. 2019. Improving Students’ Motivation and Collaborative Skills Through Remap Jigsaw Learning Combined with Modelling Activities. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2): 177-184.
- Insyasiska, D., S Zubaidah, H Susilo. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1): 9-21.
- Karacop, A. & E. H. Diken. 2017. The Effect of Jigsaw Technique Based on Cooperative Learning on Prospective Science Teachers’ Science Process Skill. Journal of Education and Practice, 8(6): 86-97.
- Karadeniz, Abdulkerim. 2015. An Examination of Critical Reading Self-efficacy Perceptions Among the Students of the Faculty of Education Over Different Variables. Anthropologist, 22(2): 167-175.
- Khodadady, E & Ghanizaedah, A. 2011. The Impact of Concept Mapping on EFL Learners’Critical Thinking Ability. English Language, 9: 77-84.
- Kohzadi, H., F. Azizmohammadi, F. Samadi. 2014. Is There A Relationship Between Critical Thinking and Critical Reading Of Literary Text: A Case Study at Arak University (Iran). International Letters of Social and Humanistic Science. Vol 33. Page: 63-76.
- Komara, Endang. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports and Health Education, 4(1)1: 17-26.
- Mitasari, Z. & N. A. Prasetiyo. 2016. Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel Melalui Lesson Study untuk Mmeningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Komunikasi. Jurnal BIOEDUKATIKA, 4(1): 11-14.
- Mufida, R. H., S Mahanal, S Zubaidah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Reading-Concept Map-Student Team Achievement Division pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA. Vol 2. Prosiding Seminar Pendidikan MIPA Pascasarjana UM.
- Mustikawati, S. M. E. Susilowati, R. S. Iswari. 2018. Analysis of Students’ Knowledge Mastery and Oral Communication Through the Implementation of Think-Pair-Share Model. Journal of Biology Education, 7(2): 159-166.
- Muthi’ah, A., Y Anwar, L M Santoso. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Sosial di Sekolah Mengengah Atas. Jurnal EDUSAINS, 10(1): 58-64.
- National Education Association. Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs”. Pages: 1-37.
- Novak, J. D & Canas, J. A. 2008. The Theory Underlying Concepts Maps and How to Construct and Use Them. Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008.
- Nurnawati, E., D Yulianti, H Susanto. 2012. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 1-7.
- P21 (Partnership for 21st Century Learning). 2007. Framework for 21st Century Learning. Washington DC: Partnership for 21st Century Skills.
- Pangestuti, Ardian Anjar. Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasisi Remap STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal EDUBIOTIK, 2(1): 13-22.
- Pranyandari, N. M., I G A O Negara, I W R Suardika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
- Purwaningsih, I., S Mahanal, T I Prasetyo, S Zubaidah. 2017. Pengaruh Model Pembelajara Biologi Reading-Concept Map-Numbered Heads Together dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 10 Malang. Prosiding Senimar Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol. 2.
- Purwatiningsih, Siti. 2009. Penigkatan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X.1 SMA N 2 Salatiga Melalui Metode Proyek dengan Penilaian Presentasi dan Poster. Lembaran Ilmu Pendidikan, Jilid 38 (1): 40-52.
- Ramadhan, F., S. Mahanal, S. Zubaidah. 2016. Potensi Remap STAD (Reading Concept Mapping Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 203-208.
- Ratnawati, L., S. Zubaidah, A. D. Corebima. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Jigsaw terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Symbion Jurnal (Symposium on Biology Education). Hlm: 158-165.
- Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
- Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Bandung: Nusa Media.
- Sukaedi. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode Presentasi dan Diskusi Kelompok (Siswa Kelas III SDN Candijati Arjasa). Jurnal Pancaran, 5(4): 21-30.
- Suratno. 2010. Memberdayakan Keterampilan Metakognisi Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw-Reciprocal Teaching (JIRAT). Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2): 150-156.
- Susanto, R. D. dan L. H. Susarno. 2014. Evaluasi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Mata Pelajaran Biologi Pada Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Jombang, 1(1): 1-9.
- Tendrita, M., S. Mahanal, S. Zubaidah. 2016. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 13(1):285-291.
- Trilling B. & C. Fadel. 2009. 21st Century Skills (Learning For Life in Our Times). San Francisco: Jossey-Bass A Wilwy Imprint.
- University of Baltimore. Assessment Rubrics for Communication: Oral Communication Skills yang tersedia di http://www.ubalt.edu/merrick/student-resources/rubrics.cfm
- Wang, Amber Yayin. 2012. Exploring the Relationship of Creative Thinking to Reading and Writing. Thinking Skill and Creativity, 7: 38-47.
- Zubaidah, S., Duran Corebima A., S. Mahanal. 2018. Revealing the Relationship Between Reading Interest and Critical Thinking Skills Through Remap GI and Remap Jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2): 41-56.
- Zubaidah, Siti. 2014. Pemberdayaan Keterampilan Penemuan Dalam Scientific Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Prosiding Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.