Tujuan pembelajaran Genetika terutama dalam kegiatan praktikum salah satunya adalah praktikan dapat memahami teknik pemisahan DNA dan memahami regulasi ekspresi gen, dengan melakukan kegiatan praktikum elektroforesis gel. Kemampuan siswa dalam memahami elektroforesis gel perlu dilatihkan pada praktikum genetika. Beberapa LPTK terkendala tidak memiliki perangkat praktikum elektroforesis gel, untuk itu, perlu diupayakan praktikum pengganti demi memenuhi tujuan pembelajaran. Virtual laboratorium merupakan salah satu solusi sebagai upaya memenuhi tujuan pembelajaran agar sesuai. Vitual lab elektroforesis dan PCR ini dimplementasikan secara eksperimental pada praktikan mahasiswa yang mengampu mata kuliah genetika dan praktikum. Data nilai laporan virtual lab diuji beda dengan praktikum real dengan amsumsi nilai laporan praktikum dengan varian yang sama dan dengan hipotesis nilai laporan praktikum virlab dan praktikum real tidak berbeda secara signifikan. Data uji perbedaan nilai laporan praktikum antara nilai laporan real dan virtual dengan uji beda t test menunjukkan bahwa nilai laporan praktikum virlab dan praktikum real tidak berbeda signifikan, hal ini menunjukkan bahwa virlab dapat digunakan sebagai pengganti praktikum real pada praktikum elektroforesis gel.
Keywords:
pendidikan biologi
Adi Widi Cahya, Suratno, Mochammad Iqbal. 2016. Pengembangan Virtual Laboratory Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 4, No. 4
Alozie N.M., David J. G. and Mary O. D. 2012. Promoting 21st-Century Skills in the Science Classroom by Adapting Cookbook Lab Activities: The Case of DNA Extraction of Wheat Germ. The American Biology Teacher, Vol. 74, No. 7 (pp. 485-489)
Aubrie E. Swan & Angela M. O’Donnell. 2009.The contribution of a virtual biology laboratory to college students’ learning, Innovations in Education and Teaching International, 46:4, 405-419, DOI: 10.1080/14703290903301735
Bakti Ena Marsutji Setia, Suparmi, Widha Sunarno. 2013. Pembelajaran biologi melalui metode eksperimen dengan laboratorium riil dan laboratorium virtual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan gaya belajar mahasiswa. Jurnal Inkuiri. Vol 2, No 3
Beltz, D., Desharnais, R., Narguizian, P., & Son, J. 2016. Comparing Physical, Virtual, and Hybrid Flipped Labs for General Education Biology. Online Learning 20 (3) 228 - 243.
Bortnik Boris, Natalia Stozhko, Irina Pervukhina, Albina Tchernysheva and Galina Belysheva. 2017. Effect of virtual analytical chemistry laboratory on enhancing student research skills and practices. Journal of Research in Learning Technology Vol. 25
Bortnik Boris, Natalia Stozhko, Irina Pervukhina, Albina Tchernysheva and Galina Belysheva. 2017. Effect of virtual analytical chemistry laboratory on enhancing student research skills and practices. Research in Learning Technology Vol. 25.
Ceylan ŞEN, Gülşah SEZEN VEKLİ. 2016. The Impact of Inquiry Based Instruction on Science Process Skills and Self-efficacy Perceptions of Pre-service Science Teachers at a University Level Biology Laboratory. Universal Journal of Educational Research 4(3)
Chandra Adi Prabowo, Ibrohim, Murni Saptasari. 2016. Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 1 Nomor: 6
Chen Y.C. Joshua S. 2014. Arguing Like a Scientist: Engaging Students in Core Scientific Practices. Journal of The American Biology Teacher, 76(4):231-237. Published by: National Association of Biology Teachers.
Cunningham Steven C., Brad McNear, Rebecca S. Pearlman, and Scott E. Kern. 2006. Beverage-Agarose Gel Electrophoresis: An Inquiry-based Laboratory Exercise with Virtual Adaptation. CBE—Life Sciences Education. Vol. 5, 281–286.
Didem K. & Necdet S. 2014. Students’ understanding of genetics concepts: the effect of reasoning ability and learning approaches, Journal of Biological Education, 48:2, 63-70.
Ejikeme A.N. dan Helen N. Okpala. 2016. Promoting Children’s learning through technology literacy: challenges to school librarians in the 21st century. Journal Educ Inf Technol
Fitriyana Dyah Nur, Sri Retno Dwi Ariani dan Bakti Mulyani. 2013. Pengaruh pembelajaran kimia denagn metode student team achievement division (STAD) yang dilengkapi eksperimen laboratorium riil dan virtual terhadap prestasi belajar pada materi pokok koloid ditinjau dari kemampuan memori mahasiswa kelas XI SMAN 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 3
Gunawan, Ahmad Harjono, Hairunnisyah Sahidu. 2015. Studi pendahuluan pada upaya pengembangan laboratorium virtual bagi calon guru fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume I No 2
Hamida Naba, Bakti Mulyani, dan Budi Utami. 2013. Studi komparasi penggunaan laboratorium virtual dan laboratorium riil dalam pembelajaran student team achievement division (STAD) terhadap prestasi belajar ditinjau dari kreativitas mahasiswa pada materi pokok system koloid kelas XI semester genap SMAN 1 Banyudono. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2
Haynes A, Elizabeth L, Michele G, Barry S. and Kevin H. 2016. Moving Beyond Assessment to Improving Students’ Critical Thinking Skills: A Model for Implementing Change. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 16, No. 4, August 2016, pp.44-61.
Jacobson M.J., Taylor C. E. & Richards D. 2015. Computational scientific inquiry with virtual worlds and agent-based models: new ways of doing science to learn science, Interactive Learning Environments.
Jime´nez M. P, Aleixandre. 2012. Determinism and Underdetermination in Genetics: Implications for Students’ Engagement in Argumentation and Epistemic practices. Journal Sci & Educ.
Ketelhut D J. & Nelson B.C. 2010. Designing for real-world scientific inquiry in virtual environments, Educational Research, 52:2, 151-167
Knippels M. Christine P J, Arend J. W. and Kerst Th Boersma. 2005. Design criteria for learning and teaching genetics. Journal of Biological Education 39(3)
Kusdiastuti Mahesti, Ahmad Harjono, Hairunnisyah Sahidu, Gunawan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume II No 3
Lai Emily R. 2011. Critical Thinking: A Literature Review, Research Report. http://www.pearson assessments.com/
Liu O.L, Lois F. & Katrina C. R. 2014. Assessing Critical Thinking in Higher Education: Current State and Directions for Next-Generation Assessment. Educational Testing Service.ETS Research Report No. RR-14-10.
McElhinny Teresa L, Michael J. Dougherty, Bethany V. Bowling, Julie C. Libarkin. 2012. The Status of Genetics Curriculum in Higher Education in the United States: Goals and Assessment. Sci & Educ.
Mthethwa E K.. Gilbert O. O. & Rian de Villiers. 2015. Exploring Biology Teachers’ Pedagogical Content Knowledge in the Teaching of Genetics in Swaziland Science Classrooms, International Journal of Science Education, 37:7, 1140-1165.
Murniza Muhamad, Halimah Badioze Zaman and Azlina Ahmad. 2010. Virtual Laboratory for Learning Biology – A Preliminary Investigation, World Academy of Science, Engineering and Technology, International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering Vol:4, No:11.
Nirwana R. R. 2011, Pemanfaatan laboratoroum virtual dan E-Reference dalam proses Pembelajaran dan penelitian ilmu kimia, Jurnal Phenomenon, Volume 1 Nomor 1.
Pambudi Teguh, Sri Mulyani, dan Agung Nugroho C. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan model learning cycle 5E menggunakan laboratorium real dan virtual ditinjau dari sikap ilmiah terhadap prestasi belajar mahasiswa pada materi pokok hidrolisis garam kelas XI MIPA SMA negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 1
Rasyida Nisa, Fransisca S T, Didik P. 2015. Efektivitas Pengembangan praktikum virtual untuk meningkatkan kemampuan berpoikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa SMA pada konsep Metagenesis tumbuhan lumut dan paku. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”.
Ratih Rizqi Nirwana. 2011. Pemanfaatan laboratorium virtual dan e-reference dalam proses pembelajaran dan penelitian ilmu kimia. Jurnal PHENOMENON, Volume 1 Nomor 1.
Ratri Argandi, Kus Sri Martini, dan Agung Nugroho Catur Saputro. 2013. Pembelajaran kimia dengan metode inquiry terbimbing dilengkapi dengan kegiatan laboratorium real dan virtual pada pokok bahasan pemisahan campuran. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2
Salm Twyla. 2014. Action research to improve collaboration among Student Support Services teams. Journal Educational Action Research, Vol. 22, No. 1, 93–108
Simbolon D.H. 2015. Pengaruh model Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, Nomor 3.
Smith Michelle K., William B. Wood, and Jennifer K. Knight. 2008. The Genetics Concept Assessment: A New Concept Inventory for Gauging Student Understanding of Genetics. CBE—Life Sciences Education. Vol. 7, 422–430.
Timchalk Charles, Nigel J. Walker, Reinhold C. Mann, and F. Blaine Metting. 2001. The Virtual Body Workshop: Current and Future Application of Human Biology Models in Environmental Health Research. Environmental Health Perspectives. Vol 109
Totiana Fian, Elfi Susanti VH, Tri Redjeki. 2012. Efektivitas model pembelajaran creative problem solving (CPS) yang dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual terhadap prestasi belajar mahasiswa pada materi pokok koloid kelas XI IPA SMAN 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 No. 1