IMPLEMENTASI PROGRAM KERJASAMA ANTARA PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA INDUSTRI
Main Article Content
Abstract
Masalah utama pendidikan nasional adalah bagaimana upaya untuk memperbaiki mutu lulusan yang masih rendah. Hal ini antara lain ditandai oleh: (a) ketidaksiapan sebagian be- sar lulusan untuk memasuki dunia kerja, (b) rendahnya perole- han skor rata-rata ujian akhir pada hampir semua bidang studi (< 5,00), (c) proses pembelajaran di lembaga pendidikan um- umnya belum berorientasi pada kompetensi yang dibutuhkan masyarakat pengguna (users), (d) substansi bidang studi belum menapak pada kebutuhan empirik sehingga menimbulkan pen- guasaan yang verbalistik, dan (e) ketidakseimbangan pertumbu- han pasar kerja dengan penambahan jumlah calon tenaga kerja dalam kualikasi.
Banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, salah satunya dengan mod- el pendidikan kolaboratif. Model pendidikan kolaboratif yang dilakukan dengan mengoptimalkan kemitraan lembaga pendi- dikan dengan dunia bisnis dan industri maupun masyarakat pengguna lainnya secara lebih luas mampu meningkatkan mutu lulusan yang kompetitif. Dengan demikian, diharapkan lulusan lembaga pendidikan tersebut selain siap kerja juga siap mencip- takan lapangan kerja bagi dirinya dan orang lain.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Ary, D, Jacobs, L.C., & Razavich. 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional
Black, J. A. & Champion, D. J. 1999. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: PT. Reka Aditama
Eddy Sutadji dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Tahun 27, Nomor
, Juli 2000 Hal. 149-157 yang Berjudul Pengembangan Mod- ul Pembelajaran Individual untuk Meningkatkan Kualitas dan Hasil Pembelajaran dalam Matakualiah Pengetahuan Bahan. Malang: UM Malang
E. Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik Oemar. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
J. P. Miller and W. Seller. 1998. Curricullum: Perspectives and Practice. Toronto. Copp Clark Pitman Ltd.
Judawati dan Priyono. 2000. Model Pendidikan Sistem Ganda: Studi Kasus Pelaksanaan Pengajaran Praktik Profesi Kejuruan di PT. PAL Surabaya. Malang: Lembaga Penelitian
Universitas Negeri Malang
Moedjianto dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Agustus 1997 Jilid
, Nomor 3, Hal. 139-149 yang Berjudul Peningkatan Mutu Lulusan STM Melalui Pendidikan Sistem Ganda. Malang: UM Malang
Sanjaya, Wira. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana
Sa’dun Akbar dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, November 1997 Ji- lid 4, Nomor 4, Hal. 197-205 yang Berjudul Kemitraan Seko- lah Dengan Dunia Kerja: Pengembangan Karir Pada Sekolah Lanjutan di Jepang dan Indonesia. Malang: UM Malang
Sonhadji, Ahmad. 2005. Bahan-Bahan Perkuliahan Landasan Pendidikan Kejuruan. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang: Malang
Syafrudie, Haris A., dan Pribadi. 1999. Peran Institusi Pasangan Dalam Pelaksanaan Sistem Ganda. Malang: Lembaga Penelitian UM Malang
Vidya Singh-Gupta dan Eileen Troutt-Ervin. 1997. Assessment Of Workplace Writing And Incorporation Into Curriculum. (Online) Vol. 13, No. 2.
Usep Kustiawan dan Wahyu Sakti Gunawan Irianto dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Tahun 26, Nomor 2, Juli 1999 Hal.
-169 yang Berjudul Relevansi Program Pendidikan SMK
dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Malang: UM.
Wena, M., dkk. 1994. Pola Pelaksanaan Program Pengajaran Praktik Industri Pada Sekolah Teknologi Menengah di Kotamadya Malang. Malang: P3T UM.