ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Profesi Guru (PPG) memberikan penilaian terhadap RPP yang dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu komponen dalam pengujian kompetensi guru. Hasil RPP yang baik akan membantu guru dalam mengarahkan proses pembelajaran di kelas.
RPP merupakan salah satu komponen penunjang dalam penilaian di Pendidikan Profesi Guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis dari RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa PPG Pendidikan Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019 di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa PPG Pendidikan Fisika telah dapat menyusun RPP dengan baik sesuai dengan aspek penilaian. Namun, terdapat beberapa kesalahan dalam penyusunannya. Kesalahan tersebut yaitu (1) indikator pembelajaran belum sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai, dan tujuan pembelajaran belum seluruhnya memuat ABCD (Audience, Behavior, Condition, and Degree) atau CABD (Condition, Audience, Behavior, and Degree), (2) instumen evaluasi yang digunakan belum sesuai karena tidak terdapat instrumen untuk rencana kegiatan pengayaan bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih dan rencana kegiatan remedial bagi siswa yang memiliki kemampuan kurang.Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Agustina, E. (2020). ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 142–150. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4938
Section
Articles
Authors retain copyright and grant the PHENOMENON right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially, Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PHENOMENON.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).