STRATEGI PENGEMBANGAN SCIENCE GENERIC SKILLS (SGS) CALON GURU FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM

andi fadllan*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Beberapa hasil penelitian menunjukkan masih renda- hnya keterampilan generik lulusan perguruan tinggi, sep- erti keterampilan berkomunikasi, bekerjasama, motivasi, inisiatif, kreativitas, dan kemampuan berpikir logis, siste- matis dan komprehensif. Kondisi ini ternyata juga terjadi di LPTK yang notabene sebagai produsen guru.
Dalam tulisan ini akan dipaparkan bagaimana strategi pengembangan Science Generic Skills mahasiswa melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada mata kuliah praktikum.

Sebagai sebuah model pembelajaran kooperatif, pener- apan Group Investigation pada mata kuliah praktikum dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan Keterampilan Generik Sains calon guru. Adapun strategi penerapannya dapat dilakukan dengan melibatkan mahasiswa sejak per- encanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi praktikum me- lalui tahap-tahap dalam model Group Investigation, yang meliputi:  1)  mengidentifikasi topik  dan  membagi  siswa ke dalam kelompok, 2) merencanakan tugas, 3) membuat penyelidikan, 4) mempersiapkan tugas akhir (analisis dan sintesis), 5) mempresentasikan tugas akhir, dan 6) evaluasi.

Keywords: Science Generic Skills (SGS), Group Investigation

  1. Fadllan, Andi. 2006. Panduan Praktikum Fisika Dasar I. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
  2. Fadllan, Andi. 2006. Panduan Praktikum Fisika Dasar II. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
  3. Irma, Dewi. 2007. Soft Skill?. Pikiran Rakyat, Kamis 17 Juni 2007.
  4. Tersedia: http://aargantenk.multiply.com/journal/item
  5. /70/Soft_Skill.
  6. Margono, H. 2000. Metode Laboratorium. Malang: Jurusan Pendi- dikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.
  7. Rusnayati, H. dan Samsudin, A. 2010. Kegiatan Eksperimen Fisika Dasar I untuk Mengembangkan Generic Skills Calon Guru Fisika. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010
  8. Jurusan Fisika UNNES.
  9. Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  10. Subhan, M., Hendratto, S., dan Wiyanto. 2010. Pengembangan Ac- tivity-Based Assessment untuk Mengukur Keterampilan Pros- es Eksperimen Fisika pada Siswa SMP 3 Bawen Kabupaten Semarang. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Fisika
  11. Jurusan Fisika UNNES.
  12. Taufiq and Wiyono, K. 2009. The Application of Hypothetical De- ductive Learning Cycle Model to Improve Senior High School Students’ Science Generic Skills on Rigid Body Equilibrium. Proceeding International Seminar on Science, p. 641-648.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps