Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompleksitas Soal Kontekstual Matematika
Main Article Content
Abstract
Kompleksitas soal-soal kontekstual matematika yang ada di Indonesia sampai saat ini belum
ada instrumen pengukurannya. Soal-soal kontekstual perlu dilakukan pengukuran supaya tepat
dalam penggunaannya, seperti ketercapaian kompetensi dan memperkirakan waktu untuk
mengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran
kompleksitas soal kontekstual matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian adalah beberapa mahasiswa calon guru
matematika semester tujuh dan tujuh siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah
berhasil dirancang dan disusun instrumen pengukuran kompleksitas masalah kontekstual
matematika. Instrumen telah divalidasi oleh pakar untuk memperoleh umpan balik dalam
penyempurnaannya. Ujicoba diawali dengan meminta beberapa mahasiswa calon guru
matematika semester tujuh mengisi instrumen pengukuran kompleksitas soal kontekstual
matematika, kemudian meminta ketujuh siswa kelas X mengerjakan soal yang diberikan. Dari
hasil ujicoba penggunaan instrumen terhadap subjek penelitian diperoleh hasil bahwa instrumen
dapat digunakan dengan baik dan dapat memberikan pengukuran yang baik akan kemampuan
pemodelan matematis mahasiswa pendidikan matematika.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Lakadewi, Alfina Novita. (2014). Profil Kemampuan Siswa SMA Pangudi Luhur Van Lith Kelas
X dalam Menyelesaikan Soal-soal Timss Grade 8 Tipe Penalaran. Skripsi. Universitas
Sanata Dharma Yogyakarta.
Noordyah. (2011). Langkah-langkah Penelitian dan Pengembangan. (Artikel Online) Didapat
dari https://noordyah.wordpress.com/tugas-kuliah/langkah- langkah-penelitian- dan-
pengembangan/ (Diakses tanggal 27 Oktober 2016).
Setiawan, Harianto dkk. (2014). Soal Matematika dalam pisa Kaitannya dengan Literasi
Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional
Matematika, Universitas Jember, 19 November 2014. (Online) Didapat dari
http://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/viewFile/955/758 (Diakses pada 6 Oktober
Stillman, Gloria dan Peter Galbraith. (2003). Towards Constructing a Measure of the Complexity
of Application Tasks. Mathematical Modeling: A Way of Life, no. 16: pp. 179-188.
Horwood Publishing Chichster.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.