PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 1 BANDUNGAN
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran secara konvensional membuat siswa cepat bosan dan tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran dengan maksimal. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana jika menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan minat belajar konsep sistem gerak pada manusia pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bandungan tahun pelajaran 2013/2014. (2) Bagaimana pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar konsep sistem gerak pada manusia pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bandungan tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan minat belajar konsep sistem gerak pada manusia melalui pembelajaran kooperatif TGT pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bandungan tahun pelajaran 2013/2014. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar konsep sistem gerak pada manusia melalui pembelajaran kooperatif TGT pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bandungan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) yang dirancang melalui dua siklus yaitu dengan prosedur: (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan tindakan (Acting), (3) pengamatan (Observing), (4) refleksi dalam tiap-tiap siklus (reflecting). Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan kooperatif TGT dapat meningkatkan minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan parttisipasi dalam pembelajaran sebesar 81,76 %, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 19,7 %. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan untuk diadakan penelitian lanjutan mengenai pembelajaran dengan model kooperatif TGT yang dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
AD. Roijakkers. 2010. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: Grassindo.
Depdiknas. 2004. Materi Bimbingan Teknis Guru IPA Biologi .
Hazni Fazati, 2008. Peningkatan Penguasaan Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Konsep Bunyi Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Skripsi: tidak dipublikasikan.
Mikrajudin, Saktiyono, Lutfi. 2007. IPA Terpadu SMP dan MTs 2 A. Jakarta: Erlangga.
Mukhtar, Dr. M.Pd., Samsu. Drs, Rusmini. Dra. 2002. Pendidikan Anak Bangsa Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Nimas Multima.
Puji Rahayu, S.Pd., 2011. Peningkatan Pemahaman Menghitung Keliling dan Luas Segi Empat Melalui Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Siswa Kelas VII. Laporan PTK: Tidak Dipublikasikan.
Saiful Karim, Ida Kaniawati, Yuli N. Fauziah. 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Depdiknas.
Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Karya
Winkel, W S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grassindo