EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DENGAN TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEORI KINETIK GAS

Siti Nurjanah, Joko Budi Poernomo*  -  Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektifkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dengan TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar siswa materi teori kinetik gas. Penelitian ini dilakukan di SMA Futujiyyah Mranggen Demak, merupakan penelitian eksperimen dengan posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa jurusan IPA kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas secara acak dari populasi sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes.  Analisis uji gain memberikan hasil peningkatan 0.170 untuk siswa yang diajar menggunakan kooperatif tipe Think Talk Write dengan Two Stay Two Stray dan -0,206 untuk siswa yang diajar menggunakan konvensional. Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan Two Stay Two Stray efektif meningkatkan hasil belajar siswa materi teori kinetik gas.

Keywords: meningkatkan hasil belajar, TTW, TSTS, model pembelajaran kooperatif.

  1. Abdurrahman, Mulyono, Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
  2. Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
  3. ______, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
  4. D. Crow, Lester and Crow, Alice, Educational Psychology, New York: American Book Company, 1958.
  5. D. Parsons, Richard , dkk, Educational Psychology, Singapore: Seng Lee Press, 2001.
  6. Departemen Agama RI, Al- Qur’an dan Tafsirnya Jilid V, Jakarta: Lentera Abadi, 2010.
  7. Huda, Miftahul, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
  8. ______, Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
  9. Johnson, David W., dkk., Collaborative Learning, Bandung: Nusa Media, 2012.
  10. Khodijah, Nyayu, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
  11. Rohmah, Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.
  12. Sudjana, Metoda Statistika, Bandung: Tarsito, 2005.
  13. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007.
  14. Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
  15. W. Santrock, John, Psychology Essentials, New York: Mc Graw- Hill, 2005.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps