Analisis Pengaruh Shariah Compliance dan Assurance terhadap Kepuasan Nasabah BMT Barokatul Umah di Kabupaten Merauke

Orin Verawati Ramadani  -  Universitas Musamus Merauke, Indonesia
Abd Rahman Kadir  -  Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia
Abdullah Sanusi*  -  Universitas Hasanuddin Makassar, Indonesia

(*) Corresponding Author

This study aims to determine the effect of Shariah Compliance and Assurance on customer satisfaction partially and simultaneously. In this study using a quantitative approach and multiple linear regression. The object of this research is the employees and customers of BMT Barokatul Ummah in Merauke Regency. While the data collection techniques are using interviews, questionnaires, and literature studies. The results of this study indicate that the Shariah Compliance and Assurance dimension has been implemented well, and has a positive and significant influence on customer satisfaction at the BMT Barokatul Ummah. This means that the Shariah Compliance and Assurance dimensions are further enhanced, customer satisfaction is getting higher.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Shariah Compliance dan Assurance terhadap kepuasan nasabah secara parsial dan simultan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan regresi linier berganda. Objek dalam penelitian ini adalah pimpinan dan nasabah BMT Barokatul Ummah di Kabupaten Merauke. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Shariah Compliance dan Assurance telah dijalankan dengan baik, dan mempunyai pengaruh positif dan signifikan kepada kepuasan nasabah pada BMT Barokatul Ummah. Artinya semakin ditingkatkan dimensi Shariah Compliance dan Assurance maka kepuasan nasabah semakin tinggi.

Keywords: Kepuasan nasabah; Customer satisfaction; Compliance; Assurance

  1. Ahmad, Kamaruddin. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Investasi Portofolio. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Cahyani, Putri Dwi. 2016. “Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta.” ESENSI 6 (2): 151–62. https://doi.org/10.15408/ess.v6i2.3570.
  3. Daryanto, Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
  4. Febriana, Nina Indah. 2016. “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 3 (1): 145–68. https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.145-168.
  5. Haryanto, Resty Avita. 2013. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1 (4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2923.
  6. Hasanah, Uswatun. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pt. Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah.” Jurnal Penelitian Ilmiah 1 (1).
  7. Muchtiar, Yesmizarti, Dessi Mufti, and Ike Irma Suryani. 2012. “Analisis Service Quality Pada Layanan Asurance.” Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta 1 (2). http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JTI-UBH&page=article&op=view&path%5B%5D=2249.
  8. Parasuraman, A, Valarie A Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perc.” Journal of Retailing 64 (1): 12–40. https://search.proquest.com/openview/7d007e04d78261295e5524f15bef6837/1?pq-origsite=gscholar&cbl=41988.
  9. Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran. Cet. 2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  10. Rohmati, Dani, and Sunan Fanani. 2016. “Implemtasi Kualitas Pelayanan Pendekatan Carter Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Ujks Koperasi Karyawan.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 3 (3): 203–18.
  11. Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
  12. Shofani, Pritandra Chusnuludin. 2015. “Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Bank Brisyariah Kantor Cabang Semarang).” Politeknik Negeri Semarang.
  13. Sinambela, Sinambela, and Poltak Lijan. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  14. Sudaryono, Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran : Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
  15. Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Open Access Copyright (c) 2018 Economica: Jurnal Ekonomi Islam

Economica: Jurnal Ekonomi Islam
Published by the Institute of Islamic Economic Research and Development (LP2EI), Faculty of Islamic Economics and Business Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-7654-4666
Website: https://febi.walisongo.ac.id/
Email: [email protected]

ISSN: 2085-9325 (Print)
ISSN: 2541-4666 (Online)
DOI: 10.21580/economica

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Get a feed by atom here, RRS2 here, and OAI Links here.

apps