NETIZEN JURNALISME DAN TANTANGAN DAKWAH DI MEDIA BARU
DOI:
https://doi.org/10.21580/icj.2018.3.2.3096Keywords:
netizen jounalism, netiket, dakwah media baruAbstract
Perubahan media lama ke media baru diikuti dengan budaya baru masyarakat informasi. Mereka menyerbu internet dengan berbagai kompleksitasnya. Hal ini telah menguatkan budaya jurnalisme warga yang telah muncul beberapa tahun sebelumnya. Era kini bisa disebut sebagai era netizen journalism, yang harapannya dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Namun, saat ini tidak bisa dielakkan, dampak negatif internet begitu nyata, terbukti dengan banyaknya pelanggaran dan penyalahgunaannya. Ketidakpahaman atau keterbatasan pengetahuan netizen mengenai etika dan prinsip yang harus digunakan dalam bermedia sosial, maka dampak buruk terhadap penggunanya tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, diperlukan literasi media yang menyeluruh dan kontestual untuk menjelajah seluruh netizen agar memahami netiket di media baru. Kini netizen telah Social media bahkan harus dimanfaatkan sebagai sarana dakwah. Para ulama perilaku mencari format strategi yang jitu untuk berdakwah di media sosial.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors and third parties (readers, researchers, and others) remix, transform or build upon the material, they must distribute their contributions under the same license as the original.
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email to send a Copyright Transfer Agreement.