Strategi Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Belajar pada Masa Covid-19 di Yayasan Maharesi Siddiq Kab Cirebon

Authors

  • Tika Yuliasari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Ikhrom Ikhrom UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/jawda.v2i2.2021.10501

Keywords:

Strategi Kepala Madrasah, Budaya Belajar, Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan budaya belajar selama pandemi covid-19. Tergerusnya budaya belajar menjadi tanggung jawab kepala madrasah dalam menentukan akuntabilitas keberhasilan siswa. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi kepala madrasah dalam menciptakan budaya belajar selama covid-19 di Yayasan Maharesi Siddiq. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini didukung dengan data wawancara secara langsung dengan pihak terkait, observasi lapangan dan dokumentasi tentang budaya belajar. Data dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data. Penelitian ini menemukan bahwa penciptaan budaya belajar siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas dilakukan melalui tiga strategi yakni strategi perencanaan program budaya belajar, strategi pelaksanaan dan strategi pengawasan program. Ketiga strategi tersebut terbukti mampu menciptakan budaya belajar siswa yang mencakup dimensi kognitif, tata nilai, dan tradisi.   

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Research Article