Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v1i1.2020.6703Keywords:
manajemen perpustakaan, perpustakaan sekolah, organisasi perpustakaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen. Pengelolaan tersebut meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan atau penyelenggaraan, evaluasi, dan kendala di perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research) yang dilakukan langsung di medan terjadinya gejala-gejala yang diteliti yaitu MTs Negeri 7 Kebumen. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif di mana hasil penelitiannya berbentuk deskripsi kata-kata. Penelitian ini dilakukan secara intensif, yakni peneliti ikut berpatisipasi selama di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya tanpa mengubahnya menjadi angka atau simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen menunjukan sebagai berikut: (1) dalam hal perencanaan sudah cukup baik dan sudah direncanakan sesuai dengan tujuan maupun dengan visi dan misi walaupun ada beberapa kendala salah satunya adalah dalam hal ruangan, (2) pengorganisasian sudah baik dan berjalan secara terstruktur, (3) pelaksanaan maupun penyelenggaraan cukup baik, (4) evaluasinya berjalan dengan baik karena dilaksanakan setiap hari, (5) kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan adalah mengenai ruangan yang belum memenuhi standar, sarana dan prasarana kurang mencukupi, pengadaan bahan koleksi kurang maksimal dan tidak ada pelatihan khusus bagi staf perpustakaan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).