Pengelolaan Generasi Berkarakter Melalui Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v0i0.0.19631Keywords:
pendidikan karakter, pendidikan akhlak, generasi berkarakterAbstract
Penelitian ini didasarkan pada peneliti terhadap penurunan moralitas karakter bangsa, yang tercermin dalam meningkatnya perilaku pergaulan bebas, hipotesis obat-obatan, dan fenomena lainnya. Dalam konteks ini, sekolah Madrasah Tsanawiyah, khususnya dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, memiliki peran penting dalam menghidupkan dan menyadarkan nilai-nilai agama Islam kepada para siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan lokasi penelitian dilakukan di MTs. Asy-Syuhada. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran oleh guru Aqidah Akhlak untuk membentuk karakter yang melibatkan desain pembelajaran yang memanfaatkan media, (2) implementasi pembelajaran oleh guru Aqidah Akhlak telah sesuai dengan aturan dan tata tertib yang telah direncanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah , sebagai lembaga pendidikan dasar, (3) evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan melalui tugas ujian, ulangan harian, nilai Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS) peserta didik. Penyampaian materi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang dilakukan oleh guru mata pelajaran di sekolah menunjukkan hasil yang memuaskan menurut hasil penelitian ini.
Kata Kunci: pendidikan karakter; akhlak; generasi berkarakter
Downloads
References
Arifin, Zaenal, and Muhamad Rizaldy. “Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Sarjanawiyata Tamansiswa Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 5, no. 1 (2023): 168–84. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.4216.
Gaffar, Mohammad Fakry. “Pendidikan Karakter Berbasis Islam.” In Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama, 8–10, 2010.
Harahap, Nursapia. “Penelitian Kualitatif,” 2020.
Huda, Hairul. “Membangun Karakter Islami Melalui Al Islam Dan Kemuhammadiyahan [Studi Analisis Perpres Nomer 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)].” Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 55–70.
Idris, Muh. “Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona.” Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 77–102.
Illahi, Nur. “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21, no. 1 (2020): 1–20.
INDONESIA, PRESIDEN REPUBLIK. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2006.
Mukhlisoh, Mujahidatun, and Suwarno Suwarno. “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 11, no. 1 (2019): 56. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.449.
Mustofa, Ali, and Fitria Ika Kurniasari. “KONSEP AKHLAK MAHMUDAH DAN MADZMUMAH PERSPEKTIF HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DALAM KITAB TAYSIR AL-KHALLAQ.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2020): 48–68.
Pertiwi, Ravhi, Yudhie Suchyadi, . Sumardi, and Rukmini Handayani. “Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2019): 41–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994.
Putra, Purniadi Adi. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 9, no. 2 (2018): 37. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-04.
Rafid. “Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial.” E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2018.
Sahruli, Aris, Rohmad Widodo, and Budiono Budiono. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius.” Jurnal Civic Hukum 2, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9898.
Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3, no. 1 (2020): 8–19.
Sari, Desi Ranita. “Peran Pembelajaran Sains Untuk Membentuk Karakter Pada Anak Usia Dini.” Journal of Practice Learning and Educational Development 1, no. 1 (2021): 42–47.
Susanti, Titin Intan, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, and Wiwin Arbaini. “Pengaruh Program Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Rejang Lebong.” Institut Agama Islam Negeri Curup, 2019.
Yaniardianto, Elga. “Konsepsi Pendidikan Karakter Anak Perspektif Thomas Lickona (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Moral Di Indonesia).” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 63–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).