Pengelolaan Generasi Berkarakter Melalui Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Fida Fadilatul Romdoniyah*  -  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Mulyawan Safwandy Nugraha  -  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini didasarkan pada peneliti terhadap penurunan moralitas karakter bangsa, yang tercermin dalam meningkatnya perilaku pergaulan bebas, hipotesis obat-obatan, dan fenomena lainnya. Dalam konteks ini, sekolah Madrasah Tsanawiyah, khususnya dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, memiliki peran penting dalam menghidupkan dan menyadarkan nilai-nilai agama Islam kepada para siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan lokasi penelitian dilakukan di MTs. Asy-Syuhada. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran oleh guru Aqidah Akhlak untuk membentuk karakter yang melibatkan desain pembelajaran yang memanfaatkan media, (2) implementasi pembelajaran oleh guru Aqidah Akhlak telah sesuai dengan aturan dan tata tertib yang telah direncanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah , sebagai lembaga pendidikan dasar, (3) evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan melalui tugas ujian, ulangan harian, nilai Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS) peserta didik. Penyampaian materi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang dilakukan oleh guru mata pelajaran di sekolah menunjukkan hasil yang memuaskan menurut hasil penelitian ini.

Kata Kunci: pendidikan karakter; akhlak; generasi berkarakter

Keywords: pendidikan karakter; pendidikan akhlak; generasi berkarakter

  1. Arifin, Zaenal, and Muhamad Rizaldy. “Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Sarjanawiyata Tamansiswa Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 5, no. 1 (2023): 168–84. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.4216.
  2. Gaffar, Mohammad Fakry. “Pendidikan Karakter Berbasis Islam.” In Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama, 8–10, 2010.
  3. Harahap, Nursapia. “Penelitian Kualitatif,” 2020.
  4. Huda, Hairul. “Membangun Karakter Islami Melalui Al Islam Dan Kemuhammadiyahan [Studi Analisis Perpres Nomer 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)].” Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 55–70.
  5. Idris, Muh. “Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona.” Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 77–102.
  6. Illahi, Nur. “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21, no. 1 (2020): 1–20.
  7. INDONESIA, PRESIDEN REPUBLIK. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2006.
  8. Mukhlisoh, Mujahidatun, and Suwarno Suwarno. “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 11, no. 1 (2019): 56. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.449.
  9. Mustofa, Ali, and Fitria Ika Kurniasari. “KONSEP AKHLAK MAHMUDAH DAN MADZMUMAH PERSPEKTIF HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DALAM KITAB TAYSIR AL-KHALLAQ.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2020): 48–68.
  10. Pertiwi, Ravhi, Yudhie Suchyadi, . Sumardi, and Rukmini Handayani. “Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2019): 41–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994.
  11. Putra, Purniadi Adi. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 9, no. 2 (2018): 37. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-04.
  12. Rafid. “Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial.” E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2018.
  13. Sahruli, Aris, Rohmad Widodo, and Budiono Budiono. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius.” Jurnal Civic Hukum 2, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9898.
  14. Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3, no. 1 (2020): 8–19.
  15. Sari, Desi Ranita. “Peran Pembelajaran Sains Untuk Membentuk Karakter Pada Anak Usia Dini.” Journal of Practice Learning and Educational Development 1, no. 1 (2021): 42–47.
  16. Susanti, Titin Intan, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, and Wiwin Arbaini. “Pengaruh Program Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Rejang Lebong.” Institut Agama Islam Negeri Curup, 2019.
  17. Yaniardianto, Elga. “Konsepsi Pendidikan Karakter Anak Perspektif Thomas Lickona (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Moral Di Indonesia).” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 63–80.

Open Access Copyright (c) 2024 Fida Fadilatul Romdoniyah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal index by:

 

 

 

Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management


Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

 Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps