Urgensi Perencanaan Pendidikan Islam di Era Disrupsi

Muhammad Haikal As-Shidqi*  -  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Mulyawan Safwandy Nugraha  -  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Di era disrupsi saat ini, transformasi yang cepat dan tidak terduga telah menjadi norma baru dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Disrupsi ini, yang didorong oleh kemajuan teknologi, globalisasi, dan perubahan sosial-politik, telah mempengaruhi struktur, metode, dan tujuan pendidikan secara fundamental. Pendidikan, sebagai salah satu pilar utama dalam pembentukan karakter dan mentalitas individu, menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Di tengah arus informasi yang begitu deras dan mudahnya akses terhadap berbagai konten, ada risiko meningkatnya pengaruh negatif yang dapat merusak nilai-nilai moral dan spiritual generasi muda. Fenomena seperti penyebaran konten yang tidak etis, disinformasi, serta polarisasi ideologi menjadi ancaman nyata yang dapat menghambat proses pendidikan yang holistik. Dalam konteks ini, pendidikan Islam, dengan ajarannya yang kaya tentang moralitas, etika, dan spiritualitas, menawarkan paradigma yang relevan dan berkelanjutan untuk menghadapi tantangan disrupsi. Namun, untuk mengoptimalkan kontribusi pendidikan Islam dalam membentuk karakter generasi muda yang tangguh dan berintegritas, diperlukan perencanaan pendidikan yang komprehensif, adaptif, dan inovatif. Oleh karena itu, urgensi perencanaan pendidikan Islam di era disrupsi bukanlah sekedar kebutuhan, tetapi merupakan keharusan. Perencanaan yang tepat akan memastikan bahwa pendidikan Islam tetap relevan, efektif, dan berdaya saing dalam menghadapi dinamika zaman yang penuh tantangan.

Keywords: Urgensi Perencanan, Pendidikan Islam.

  1. Aulia, Sovia. “Pengertian, Urgensi Dan Ruang Lingkup Perencanaan Pendidikan Islam” 4, no. 2 (2020): 222–31.
  2. Bahri, Syamsul. Konsep Dasar Perencanaan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
  3. Coulter, Stephen P Robbins. Mary. Manajemen. 6th ed. Jakarta: PT Prenhalindo, 1999.
  4. Creswell, J. W., & Poth, C. N. Qualitative Inquiry and Researchdesign: Choosing among Five Approaches. Sage Publications, n.d.
  5. Djafar, Hilman, Rasid Yunus, Sarson W DJ Pomalato, and Ruslan Rasid. “Qualitative and Quantitative Paradigm Constellation In Educational Research Methodology.” International Journal of Educational Research & Social Sciences 2, no. 2 (April 30, 2021): 339–45. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i2.70.
  6. Ernawati. Berhenti Sesaat Untuk Melesat. Yogyakarta: Budi Utama, 2021.
  7. Fausi, Ach Fikri. “IMPLEMENTING MULTICULTURAL VALUES OF STUDENTS THROUGH RELIGIOUS CULTURE IN ELEMENTARY SCHOOL ISLAMIC GLOBAL SCHOOL MALANG CITY.” International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM) 2, no. 1 (October 1, 2020): 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32.
  8. Firmansyah. “Pemikiran Kesehatan Mental Islami Dalam Pendidikan Islam.” Analytica Islamica 6, no. 1 (2017).
  9. Hasibuan, H. Malayu SP. Dasar Pengertian Dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
  10. James A.F. Stoner. Management. New York: Prentice Hall International Inc, 1982.
  11. Leal Filho, Walter, and Marina Kovaleva. “Research Methods,” 81–82, 2015. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10906-0_5.
  12. Lewis, Arthur. Perencanaan Pembangunan Dasar-Dasar Kebijakan Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
  13. Moh. Arifudin, Moh. Arifudin. “Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021).
  14. Richard L. Daft. Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat, 2010.
  15. Said, N. “Urgensitas Cultural Sphere Dalam Pendidikan Multikultural: Rekonstruksi Semangat Multikulturalisme Sunan Kudus Bagi Pendidikan Multikultural Di STAIN Kudus.” ADDIN: Media Dialektika Ilmu Islam 7, no. 1 (2013). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.568.
  16. Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2003.
  17. Shobrun Jamil, Muhammad Aqsho. Pendidikan Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Teori. Jawa Tengah: Lutfi Gilang, 2022.
  18. Somantri, Manap. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT Penerbit IPB Press, 2014.
  19. Syafaruddin. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: PT Ciputat Press, 2005.
  20. Udin Syaefudin Sa’ud, Abin Syamsuddin Makmun. Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Roosda Karya, 2010.

Open Access Copyright (c) 2024 Muhammad Haikal As-Shidqi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
index by:

 

 

Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management


Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

 Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps