Manajemen Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v5i1.2024.22866Keywords:
Manajemen, Pendidikan karakterAbstract
Pendidikan saat ini mengalami pergeseran signifikan, dengan fokus utama bukan hanya pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kepribadian individu. Krisis moral dan degradasi karakter di kalangan anak muda juga menjadi perhatian serius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Kecamatan Bringin Kota Semarang. Fokus permasalahan dalam penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? 2) Bagaimana pengorganisasian pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? 3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? 4) Bagaimana pengawasan pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di madrasah tersebut terpadu dalam proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembudayaan serta pembiasaan. Manajemen pendidikan karakter dilakukan melalui perencanaan yang berlandaskan visi, misi, dan tujuan madrasah, pengorganisasian tugas guru dan karyawan, pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran, ekstrakulikuler, serta pembudayaan dan pembiasaan, serta pengawasan dengan penggunaan instrumen supervisi.Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang implementasi manajemen endidikan karakter di madrasah tersebut dan dapat memberikan masukan serta rekomendasi bagi pengembangan endidikan karakter di lingkungan madrasah secara umum.
Downloads
References
Bambang, Arifin Samsul. “Rusdiana.” Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2019.
Dwi Hartati, Mursyidah, Rahmad Agung Nugraha, dan Suriswo Suriswo. “Implementasi Kebijakan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Tegal.” Universitas Pancasakti Tegal, 2020.
Fitrah, Muh. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Mulyasa, H E. Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara, 2022.
Nasional, Kementerian Pendidikan. “Panduan pelaksanaan pendidikan karakter.” Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum dan perbukuan, 2011.
Pendidikan, Kementerian, dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter.” Jakarta: Kemendikbud, 2017.
Pendidikan, Menteri. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.” Tersedia: www. dikmen. kemdikbud. go. id/kurikulum2013/.[Januari 2015], 2014.
Pendidikan, Peraturan Menteri, dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. “Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.” Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 23 (62M).
Republik Indonesia, Presiden. “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Produk Hukum. Indonesia: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang - Depdiknas, 2003.
Simaremare, R. “Peran serta kepala sekolah dan guru dalam membangun karakter bangsa.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2013, 10–13.
Terry, George R. “Prinsip-prinsip manajemen,” 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).