Manajemen Pendidikan Karakter

Authors

  • Fiqya Ainatul Latifa SMP Negeri 2 Nganjuk, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.21580/jawda.v5i1.2024.22866

Keywords:

Manajemen, Pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan saat ini mengalami pergeseran signifikan, dengan fokus utama bukan hanya pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kepribadian individu. Krisis moral dan degradasi karakter di kalangan anak muda juga menjadi perhatian serius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Kecamatan Bringin Kota Semarang. Fokus permasalahan dalam penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? 2) Bagaimana pengorganisasian pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? 3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? 4) Bagaimana pengawasan pendidikan karakter di MI Miftahul Akhlaqiyah? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di madrasah tersebut terpadu dalam proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembudayaan serta pembiasaan. Manajemen pendidikan karakter dilakukan melalui perencanaan yang berlandaskan visi, misi, dan tujuan madrasah, pengorganisasian tugas guru dan karyawan, pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran, ekstrakulikuler, serta pembudayaan dan pembiasaan, serta pengawasan dengan penggunaan instrumen supervisi.Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang implementasi manajemen endidikan karakter di madrasah tersebut dan dapat memberikan masukan serta rekomendasi bagi pengembangan endidikan karakter di lingkungan madrasah secara umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang, Arifin Samsul. “Rusdiana.” Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2019.

Dwi Hartati, Mursyidah, Rahmad Agung Nugraha, dan Suriswo Suriswo. “Implementasi Kebijakan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Tegal.” Universitas Pancasakti Tegal, 2020.

Fitrah, Muh. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Mulyasa, H E. Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara, 2022.

Nasional, Kementerian Pendidikan. “Panduan pelaksanaan pendidikan karakter.” Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum dan perbukuan, 2011.

Pendidikan, Kementerian, dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter.” Jakarta: Kemendikbud, 2017.

Pendidikan, Menteri. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.” Tersedia: www. dikmen. kemdikbud. go. id/kurikulum2013/.[Januari 2015], 2014.

Pendidikan, Peraturan Menteri, dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. “Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.” Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 23 (62M).

Republik Indonesia, Presiden. “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Produk Hukum. Indonesia: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang - Depdiknas, 2003.

Simaremare, R. “Peran serta kepala sekolah dan guru dalam membangun karakter bangsa.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2013, 10–13.

Terry, George R. “Prinsip-prinsip manajemen,” 2008.

Downloads

Published

2024-08-29

Issue

Section

Research Article