Pengelolaan Stakeholder dalam Pendidikan Islam

Asep Hilmi Muhamad Sidik*  -  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Mulyawan Mulyawan  -  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

(*) Corresponding Author

 

Abstract:

Pendidikan merupakan sesuatu yang paling penting untuk mencetak generasi yang akan datang dalam kemajuan negara melalui keilmuan yang dihasilkan. Manusia dalam menjalani kehidupan tidak bisa dilepaskan dengan lingkungan Pendidikan. Pendidikan tersebut kaitan erat dengan lingkungan keluarga, seoklah dan Masyarakat. Dimana ketiga komonen tersebut sangat berkaitan erat dalam mencetak dan mewujudkan Pendidikan yang sehat dan berkualitas. Dalam Pendidikan tentunya memiliki proses kehidupan yang Panjang dan kompleks. Manajemen Pendidikan tentunya berhubungan erat dengan stakeholders Pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang  memiliki kualitas dan bermutu tinggi. Tujuan dari pembahasan ini tentunya untuk mengetahui stakeholders dalam Pendidikan islam di dalam realitas Masyarakat muslim dewasa kini, menegetahui perkembangan Masyarakat globa, mengetahui kompetensi lulusan Pendidikan islam yang dibutuhkan dan mengetahui rancangan kompetensi lulusan.

 

Kata kunci: : Stakeholders, Pendidikan dan Islam

Keywords: Stakeholder, Pendidikan, Islam

  1. Amidong, Hikma H. “Paradigma pendidikan Islam masa kini dan masa depan,” 2019.
  2. Darwis, Maidar. “Kompetensi lulusan (out-put) Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dalam menghadapi era globalisasi.” FITRA 1, no. 2 (2018).
  3. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan, n.d.
  4. Hanafiah, Ali, dan Fauziah Sh Ahmad. “An Empirical Investigation of Marketing Promotion on Malaysian Muslim Millennials Intentions to Visit Halal Tourism Destination.” Journal of Islamic Economics & Social Science (JIESS) p-ISSN 2722 (2021): 7499.
  5. Haznam, Damario, Amelia Kurniawati, dan Rayinda Pramuditya. “Perancangan Alat Ukur Dan Cara Pengukuran Kompetensi Lulusan Mahasiswa Pada Lab Riset Enterprise System And Solution Universitas Telkom Menggunakan Metode Seci.” eProceedings of Engineering 8, no. 2 (2021).
  6. Kholis, Nur, Zamroni Zamroni, dan Sumarno Sumarno. “Mutu sekolah dan budaya partisipasi stakeholders.” Jurnal pembangunan pendidikan: fondasi dan aplikasi 2, no. 2 (2014).
  7. Maria, Rika, dan Hadiyanto Hadiyanto. “Urgensi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Pengembangan dan Mutu Pendidikan.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2012–24.
  8. Nasution, Suryadi, dan Muhammad Ikbal. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dalam Alquran dan Sunnah. Madina Publisher, 2021.
  9. Perencanaan Pendidikan, n.d.
  10. Sari, Loveita Eka, Kgs M Sobri, Andries Lionardo, dan Abdul Nadjib. “The Relationship of Micro Small and Medium Enterprises, Local Government, and the Banking Sector in the Implementation of Economic Development Policies in the Era of the Covid-19 Pandemic.” JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 10, no. 2 (2022): 140–48.
  11. Simaltoga, Juniawan. “PERSPEKTIF GLOBAL DALAM PENDIDIKAN,” 2023.
  12. Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, n.d.
  13. Sundari, Tiara Eka Pharama. “Stakeholders Dalam Pendidikan.” At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora 5, no. 2 (2021): 285–96.
  14. Tholut, Muhammad. No Title, 2018.

Open Access Copyright (c) 2024 Asep Hilmi Muhamad Sidik asep asep hilmi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal index by:

 

 

 

Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management


Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

 Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps