Strategi Pemasaran Produk Pendidikan

Authors

  • Fajar Badruz Zaman Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Syaiful Bakhri Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.21580/jawda.v0i0.0.20068

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pemasaran Produk Pendidikan, Pemasaran Pendidikan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi pemerintah memudahkan perijinan dalam mendirikan sebuah lembaga pendidikan baru menjadikan persaingan antara lembaga pendidikan semakin ketat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari diawali dengan rapat bersama untuk membentuk panitia PPDB, kemudian menyusun perencanaan pemasaran pendidikan yang meliputi, penetapan tujuan, identifikasi pemasaran, produk yang ditawarkan, metode pemasaran dan anggaran pemasaran. 2) Pelaksanaan strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari dilakukan dengan memberikan produk pendidikan yang terbaik, melakukan pelaksanaan pemasaran, strategi khusus dan penanggung jawab 3) Evaluasi strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari dilakukan setiap akhir tahun pelajaran. Hasil pemasaran produk pendidikan menyatakan bahwa MTs Al Islam Rowosari terdapat peningkatan peserta didik pada tahun ini mereka mengetahui informasi tersebut melalui tokoh masyarakat. Upaya strategi pemasaran untuk ke depannya yaitu akan terus meningkatkan kepercayaannya yang tidak hanya pemasaran melalui digital dan konvensional, akan tetapi bisa menggunakan media yang lebih bagus efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fajar Badruz Zaman, Universitas Islam Negeri Walisongo

-

References

Departemen Agama RI, ed., Al Qur’an Al-Karim Dan Terjemahannya Dengan Transliterasi (Semarang: PT. Karya Toha Putra,t.t.)

Engkoswara, Mahmud, Pengantar Pemasaran Modern (Yogyakarta: UUP AMP YKPN, 2005)

Fatihudin, Didin Firmansyah, Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan) (Yogyakarta: Deepublish, 2019)

Fuadiyah Zuhaeda, Noor, ‘Resources and Communications Optimalization in Marketing Strategy’, Journal Of Educational Administration Research and Review, 3.1 (2019), 1–9

Hariri, Hasan, Manajemen Pendidikan (Yogyakarta: Media Akademi, 2016)

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Husein Ritonga, Amiruddin, Manajemen Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan IslamNo Title (Yogyakarta: K-Media, 2021)

Imam Machali, Ara Hidayat, Pengelolaan Pendidikan (Bandung: Pustaka Educa, 2010)

Jefry Aulia Martha, Andy Parrsetyo Wati, Digital Marketing (Malang: Edulitera PT. Literindo Berkah jaya, 2020)

Kevin Lane Keller, Philip Kotler, Marketing Management (New Jersey: Prentice Hall, 2012)

Muhaimin, Manajemen Pendidikan: Aplikasinya Dalam Penyusunan Pengembangan Sekolah/ Madrasah (Jakarta: Kencana, 2009)

Peraturan Pemerintah RI, ‘Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Pedoman Pendidrian, Perubahan Dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah (PP Nomor 36 Tahun 2014)’ (Jakarta, 2014)

Ratih Hurriyati, Buchari Alma, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2009)

Suprihanto, Manajemen Personalia (Yogyakarta: BPFE, 1988)

Downloads

Published

2024-01-23

Issue

Section

Research Article