Strategi Pemasaran Produk Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v0i0.0.20068Keywords:
Strategi Pemasaran, Pemasaran Produk Pendidikan, Pemasaran PendidikanAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi pemerintah memudahkan perijinan dalam mendirikan sebuah lembaga pendidikan baru menjadikan persaingan antara lembaga pendidikan semakin ketat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari diawali dengan rapat bersama untuk membentuk panitia PPDB, kemudian menyusun perencanaan pemasaran pendidikan yang meliputi, penetapan tujuan, identifikasi pemasaran, produk yang ditawarkan, metode pemasaran dan anggaran pemasaran. 2) Pelaksanaan strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari dilakukan dengan memberikan produk pendidikan yang terbaik, melakukan pelaksanaan pemasaran, strategi khusus dan penanggung jawab 3) Evaluasi strategi pemasaran produk pendidikan di MTs Al Islam Rowosari dilakukan setiap akhir tahun pelajaran. Hasil pemasaran produk pendidikan menyatakan bahwa MTs Al Islam Rowosari terdapat peningkatan peserta didik pada tahun ini mereka mengetahui informasi tersebut melalui tokoh masyarakat. Upaya strategi pemasaran untuk ke depannya yaitu akan terus meningkatkan kepercayaannya yang tidak hanya pemasaran melalui digital dan konvensional, akan tetapi bisa menggunakan media yang lebih bagus efektif dan efisien.
Downloads
References
Departemen Agama RI, ed., Al Qur’an Al-Karim Dan Terjemahannya Dengan Transliterasi (Semarang: PT. Karya Toha Putra,t.t.)
Engkoswara, Mahmud, Pengantar Pemasaran Modern (Yogyakarta: UUP AMP YKPN, 2005)
Fatihudin, Didin Firmansyah, Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan) (Yogyakarta: Deepublish, 2019)
Fuadiyah Zuhaeda, Noor, ‘Resources and Communications Optimalization in Marketing Strategy’, Journal Of Educational Administration Research and Review, 3.1 (2019), 1–9
Hariri, Hasan, Manajemen Pendidikan (Yogyakarta: Media Akademi, 2016)
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Husein Ritonga, Amiruddin, Manajemen Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan IslamNo Title (Yogyakarta: K-Media, 2021)
Imam Machali, Ara Hidayat, Pengelolaan Pendidikan (Bandung: Pustaka Educa, 2010)
Jefry Aulia Martha, Andy Parrsetyo Wati, Digital Marketing (Malang: Edulitera PT. Literindo Berkah jaya, 2020)
Kevin Lane Keller, Philip Kotler, Marketing Management (New Jersey: Prentice Hall, 2012)
Muhaimin, Manajemen Pendidikan: Aplikasinya Dalam Penyusunan Pengembangan Sekolah/ Madrasah (Jakarta: Kencana, 2009)
Peraturan Pemerintah RI, ‘Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Pedoman Pendidrian, Perubahan Dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah (PP Nomor 36 Tahun 2014)’ (Jakarta, 2014)
Ratih Hurriyati, Buchari Alma, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2009)
Suprihanto, Manajemen Personalia (Yogyakarta: BPFE, 1988)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).