Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berdasarkan Sistem Zonasi di SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v1i1.2020.6704Keywords:
pengelolaan, PPDB, sistem zonasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan calon peserta didik baru untuk mendaftar sekolah di beberapa SMP Mlonggo Jepara. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan PPDB online adalah SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara. Keunggulan SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara diantaranya adanya minat yang tinggi dari calon peserta didik, sarana dan prasarana lengkap dan memadai, tim IT yang proesional, letak sekolah strategis sehingga mudah dijangkau oleh transportasi umum. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan PPDB berdasarkan sistem zonasi yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) pengawasan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, ketua panitia PPDB, dan peserta didik baru. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) perencanaan kegiatan PPDB dilakukan sesuai juknis dari pemerintah, 2) pengorganisasian PPDB dilakukan pasca pembentukan panitia PPDB dan panitia PPDB dipilih berdasarkan pendidik dan tenaga pendidik yang mengusai ICT, 3) pelaksanaan PPDB dilakukan secara online mandiri dan offline, 4) pengawasan PPDB dilakukan kepala sekolah dan panitia PPDB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan PPDB dilaksanakan sesuai dengan juknis dari pemerintah, pendaftaran dilakukan secara online dan offline serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
Downloads
References
Cropper, Rebecca J. “A Management Approach to Country Extension Progams.” Journal Of Extension 36, no. 6 (1998).
Erje, Budi. “Dampak Zonasi, Banyak Calon Siswa SMP di Mlonggo Terpaksa Sekolah di Swasta.” 25 Juni 2019. https://www.murianews.com/2019/06/25/166902/dampak-zonasi-banyak-calon-siswa-smp-di-mlonggo-terpaksa-sekolah-di-swasta.html.
Firmansyah, Anang, dan Budi W. Mahardika. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Kristiawan, Muhammad, dan Jimmi Yuliandri. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Marmoah, Sri. Manajemen Pemberdayaan Perempuan Rimba. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Maryam, Siti. “Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Adzkia Islamic School.” UIN Syarif Hidayatullah, 2016.
Miles, Matthew B, dan A Michael Huberman. An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis. 2 ed. London: Sage Publications, 1994.
Mu’ammar, M Arfan. Nalar Kritis Pendidikan. Yogyakarta: Ircisos, 2019. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=0IjADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA49&dq=terorisme+presepsi+stigma+simbol+islam&ots=hGWogFIccK&sig=wMZ9v2jHfmjYQ-f8jmoLL3DJs3g.
Muhammad, Ali. Kebijakan Pendidikan Menengah dalam Perspektif Governance di Indonesia. Malang: UB Press, 2017.
“Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019.” PPDB pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK atau Bentuk Lain yang Sederajat, n.d.
Purwanti, Dian, Ira Irawati, Jossi Adiwisastra, dan Herijanto Bekti. “Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Kota di Kota Bandung.” Jurnal Governansi 5, no. 1 (2019): 13.
Saifuddin. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Syafril, dan Zelhendri Zen. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana, 2017.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, n.d.
Zamzam, Firdaus Fakhry. Aplikasi Metodologi Penelitian. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).