Analisis Textbooks-for-High-School-Student- Studying-the Sciences-Chemistry materi Pokok Hidrokarbon dalam Perspektif Kurikulum 2013
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sajian materi hidrokarbon (kelengkapan materi, akurasi, pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, dan penyampaian) pada bahan ajar Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry yang diterbitkan oleh FHSST Author Afrika Selatan serta relevansinya dengan kurikulum 2013 untuk SMA Kelas X. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kelengkapan materi 62,5% (cukup); akurasi 58,3% (kurang); pemecahan masalah sebesar 75% (baik); komunikasi 62,5% (cukup); koneksi (keterkaitan) 50% (kurang); penyampaian (represent) 62,5% (cukup). Adapun relevansi materi hidrokarbon pada Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry dengan kurikulum 2013 adalah sebesar 31,2 % (sangat kurang). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa materi pokok hidrokarbon pada Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry terbitan FHSST Authors dari Afrika Selatan tidak memenuhi dari segi isi materi, relevansi dengan kurikulum, dan pembahasannya belum lengkap untuk pembelajaran di SMA kelas X.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Chang. (2004). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Husen, A. (1998). Telaah Kurikulum Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kalteng, U. (2013). Buku Pelajaran Sekolah Gratis dari FHSST (Free High School Science Text). Diakses tanggal 4 Februari 2013 dari http://urip.wordpress.com/2012/10/15/buku-pelajaran-sekolah-gratis-dari-fhsst-free-high-school-science-text/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Uji Publik Kurikulum 2013: Penyederhanaan, Tematik-Integratif. Diakses pada 6 Juli 2013 dari http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1.
Muslich, M. (2010). Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pusat Perbukuan. (2005). Standar Mutu Buku Mata Pelajaran Ilmu Sosial. Jakarta : Pusat Perbukuan- Departemen Pendidikan Nasional
Sunarko. (2004). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Berbasis Kontekstual (CTL). Semarang : Makalah Seminar Jurusan Geografi UNNES
Taringan. (1986). Telaah Buku Teks SMTA. Jakarta : Depdikbud
tvOneNews. (2013). Kemdikbud Sosialisasikan Kurikulum 2013 di Langsa Aceh. Diakses pada 9 Juli 2013 dari http://nasional.tvonenews.tv/berita/view/72087/2013/07/04/kemdikbud_sosialiasi_kurikulum_2013_di_langsa_aceh.tvOne (4 Juli 2013).
Widodo, T. (1993). Tingkat Keterbacaan Teks : Evaluasi Terhadap Buku Teks Ilmu Kimia Kelas I SMA. Jakarta : Disertasi IKIP Jakarta