Pengembangan Blog Pembelajaran Kimia Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi
DOI:
https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3936Keywords:
blog pembelajaran, contextual teaching and learning (CTL), konsep reaksi oksidasi-reduksiAbstract
Pelaksanaan pembelajaran harus mampu menyesuaikan diri agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Kegiatan pembelajaran peserta didik tidak hanya dapat dilakukan di sekolah dan pada jam pelajaran saja. Kemudahan akses internet seharusnya dapat dimanfaatkan peserta didik sebagai salah satu sumber belajar. Saat ini sudah tersedia banyak situs yang menampilkan materi-materi pelajaran, namun masih banyak informasi yang tidak sesuai. Sehingga diperlukan pengembangan secara optimal agar bahan ajar yang diakses siswa tepat. Penggunaan blog sebagai media diharapkan dapat memudahkan peserta didik untuk mengakses materi pelajaran. Materi konsep reaksi oksidasi reduksi merupakan salah satu materi yang dianggap sulit peserta didik. Pengembangan blog pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai konsep reaksi oksidasi reduksi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R n D), dengan model Reisser dan Molenda (1990-an) yaitu model ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Blog pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kategori sangat tinggi atau sangat efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik yang meliputi kognitif sebesar 80,04%, afektif sebesar 85,8 %, psikomotorik sebesar 84%, dan tanggapan peserta didik sebesar 85,83 %. Blog pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran penunjang pembelajaran kimia berbasis contextual teaching and learning pada materi konsep reaksi oksidasi-reduksiDownloads
References
Baehaqi, I. (2012). Pemanfaatan Media Blog pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas Xa MA NU Nurul Huda Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.
Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling. 1(2): 163–169.
Hakim, F. (2015). Pengembangan Modul Kimia Terintegrasi Karakter Islami Pada Materi Reaksi Redoks di MAN 1 Kudus. Journal of Innovative Science Education. Vol 4 No 1.
Mukhlishin, Hamdil, dkk. (2006). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Perolehan Belajar Konsep Kimia Karbon Di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura, hlm. 11-12.
Nurhadi, A. G. S. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sa’ud, Udin Syaefudin. (2009). Inovasi Pendidikan. Alfa Beta: Bandung.
Sulastry, Taty, & Jusniar. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Contekstual Teaching And Learning pada Materi Pokok Laju Reaksi, Malang: UNM, Jurnal Chemica Vol.12 No.2 hlm. 59-68.
Suwahono. (2012). Pengembangan Sistem Penilaian Keterampilan Generic Kimia
Wegener, D. R. (2006). Training Library Patrons the ADDIE Way, Oxford: Chandos Publishing.
Zakaria, R. (2009). Ayo! Membuat Blog Multimedia, Yogyakarta: A’Plus Book, hlm 14
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.