Analisis Textbooks-for-High-School-Student- Studying-the Sciences-Chemistry materi Pokok Hidrokarbon dalam Perspektif Kurikulum 2013

Authors

  • fika atina rizqiana Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Mahfudz Siddiq Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Atik Rahmawati Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3940

Keywords:

bahan ajar Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry, kurikulum 2013, materi hidrokarbon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sajian materi hidrokarbon (kelengkapan materi, akurasi, pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, dan penyampaian) pada bahan ajar Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry yang diterbitkan oleh FHSST Author Afrika Selatan serta relevansinya dengan kurikulum 2013 untuk SMA Kelas X. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kelengkapan materi 62,5% (cukup); akurasi 58,3% (kurang); pemecahan masalah sebesar 75% (baik); komunikasi 62,5% (cukup); koneksi (keterkaitan) 50% (kurang); penyampaian (represent) 62,5% (cukup). Adapun relevansi materi hidrokarbon pada Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry dengan kurikulum 2013 adalah sebesar 31,2 % (sangat kurang). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa materi pokok hidrokarbon pada Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry terbitan FHSST Authors dari Afrika Selatan tidak memenuhi dari segi isi materi, relevansi dengan kurikulum, dan pembahasannya belum lengkap untuk pembelajaran di SMA kelas X. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chang. (2004). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Husen, A. (1998). Telaah Kurikulum Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kalteng, U. (2013). Buku Pelajaran Sekolah Gratis dari FHSST (Free High School Science Text). Diakses tanggal 4 Februari 2013 dari http://urip.wordpress.com/2012/10/15/buku-pelajaran-sekolah-gratis-dari-fhsst-free-high-school-science-text/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Uji Publik Kurikulum 2013: Penyederhanaan, Tematik-Integratif. Diakses pada 6 Juli 2013 dari http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1.

Muslich, M. (2010). Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pusat Perbukuan. (2005). Standar Mutu Buku Mata Pelajaran Ilmu Sosial. Jakarta : Pusat Perbukuan- Departemen Pendidikan Nasional

Sunarko. (2004). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Berbasis Kontekstual (CTL). Semarang : Makalah Seminar Jurusan Geografi UNNES

Taringan. (1986). Telaah Buku Teks SMTA. Jakarta : Depdikbud

tvOneNews. (2013). Kemdikbud Sosialisasikan Kurikulum 2013 di Langsa Aceh. Diakses pada 9 Juli 2013 dari http://nasional.tvonenews.tv/berita/view/72087/2013/07/04/kemdikbud_sosialiasi_kurikulum_2013_di_langsa_aceh.tvOne (4 Juli 2013).

Widodo, T. (1993). Tingkat Keterbacaan Teks : Evaluasi Terhadap Buku Teks Ilmu Kimia Kelas I SMA. Jakarta : Disertasi IKIP Jakarta

Downloads

Published

2019-07-08

How to Cite

rizqiana, fika atina, Siddiq, M., & Rahmawati, A. (2019). Analisis Textbooks-for-High-School-Student- Studying-the Sciences-Chemistry materi Pokok Hidrokarbon dalam Perspektif Kurikulum 2013. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(1), 22–27. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3940

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.