Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Interaktif dengan Animasi 3D melalui Powerpoint

Dewi Natalia Marpaung*  -  Pendidikan Kimia, Universitas Musamus Merauke, Indonesia
Jesi Jecsen Pongkendek  -  Pendidikan Kimia, Universitas Musamus Merauke

(*) Corresponding Author

Pembelajaran harus di dukung oleh dosen yang kreatif untuk menciptakan media pembelajaran interaktif agar mahasiswa lebih aktif, kreatif dan inovatif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap  mediapembelajaran interaktif  yang digunakan oleh dosen dengan menerapkan animasi 3D melalui Powerpoint, penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penelitian ini dilakukan di universitas musamus jurusan pendidikan kimia. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 20 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui google form yang dapat diakses oleh masing-masing mahasiswa.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap animasi 3D yang digunakan oleh dosen dengan nilai  4,5 dari 5.0 dan dikategorikan sangat baik. Sehingga media pembelajaran interaktif dengan menggunakan animasi 3D melalui powerpoint  dapat digunakan untuk menjadikan mahasiswa termotivasi untuk belajar di dalam kelas dan membantu pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan oleh dosen.

Keywords : animasi 3D; media pembelajaran interaktif; persepsi mahasiswa; powerpoint

  1. Haryati, S., Miharty, & Pratiwi, R. (2013). Pemanfaatan Media Animasi dalam Pembelajaran Kimia. Semirata 2013 FMIPA UNILA (363-368). Lampung: FMIPA Universitas Lampung.
  2. Inman, C., Wright, V. H., & Hartman, J. A. (2010). Use of Second Life in K-12 and Higher Education: A Review of Research. Journal of Interactive Online Learning, 9 (1), 44–63.
  3. Li, T. M. H., Chau, M., Wong, P. W. C., Lai, E. S. Y., & Yip, P. S. F. (2013). Evaluation of a web-based social network electronic game in enhancing mental health literacy for young people. Journal of Medical Internet Research, 15 (5). https://doi.org/10.2196/jmir.2316
  4. Lu, L. (2013). 3D Virtual Worlds as Art Media and Exhibition Arenas: Students’ Responses and Challenges in Contemporary Art Education. Studies in Art Education, 54 (3), 232–245.
  5. Madar, A. R., & Hashim, M. N. (2011). Effectiveness of Using Graphic Animation Courseware for Students With Different Cognitive Styles and Spatial Visual Abilities. Journal of Technical Education and Training, 3 (1), 47–58.
  6. Marpaung, D. N., Siregar, L. F., & Pongkendek, J. J. (2020). Effect of using chemsketch on teaching molecular shape of hydrocarbon to increase student’s achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1569(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/4/042101
  7. Marpaung, D. N. (2019). Implementation of Active and Creative Learning Through Multimedia on the Teaching of Solubility and Solubility Product. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 9 (6), 42–46.
  8. Mikropoulos, T. A., & Natsis, A. (2011). Educational virtual environments: A ten-year review of empirical research (1999-2009). Computers and Education, 56 (3), 769–780. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.10.020
  9. Musa, S., Ziatdinov, R., & Griffiths, C. (2013). Introduction to computer animation and its possible educational applications. New Challenges in Education. Retrospection of History of Education to the Future in the Interdisciplinary Dialogue among Didactics of Various School Subjects, 1–25. http://arxiv.org/ftp/arxiv/papers/1312/1312.1824.pdf
  10. Riyanto, R. (2015). Pengembangan Modul Interaktif pada Pembelajaran Genetika untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Islam Batu. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3 (2), 25-34.
  11. Riyanto, R., & Susilawati, L. (2019). Penerapan Media Aurora Animasi 3D Maker untuk meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4 (1), 52–57.
  12. Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT RajaGrafindo Persada.
  13. Sin, N. M., & Al-Asmari, M. A. M. (2018). Students’ Perception on Blending Instructional 3D Animation in Engineering Courses. International Journal of Information and Education Technology, 8 (5), 358–361. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.5.1063
  14. Sugyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.
  15. Sugyono. (2015). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alphabeta.
  16. Wahyuni, S., Amda , A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Larutan. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2 (1), 21-28.
  17. Zare, A. Z. (2011). High Resolution 3D Animations as a Supplement for the Teaching of American Sign Language. In ProQuest Dissertations and Theses. https://search.proquest.com/docview/1022636181?accountid=14505%0Ahttps://ucdavis-primo.hosted.exlibrisgroup.com/openurl/01UCD/01UCD_SP?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=unknown&sid=ProQ:Dissertations+%26+Theses+%40+Univ

Open Access Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: (+62) 85640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps