Pendidikan Kimia, Universitas Pelita Harapan - Indonesia
Pemanfaatan Jurnal Refleksi sebagai Penuntun Siswa dalam Menemukan Makna pada Mata Pelajaran Kimia
Proses penemuan makna terjadi ketika siswa mampu mengkonstruk suatu konsep utuh sehingga dapat melahirkan tindakan dan tanggung jawab. Program Pengenalan Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di salah satu sekolah di Jakarta terfokus pada penyelesaian materi menunjukkkan respon berbeda-beda seperti sikap antusias dan tidak antusias. Kajian ini akan membahas pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana jurnal refleksi dapat menjadi penuntun siswa dalam menemukan makna pada mata pelajaran Kimia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur. Sumber data utama pada penelitian ini digunakan berbagai jurnal dan buku sedangkan sumber data tambahan berupa hasil refleksi guru saat mengajar serta hasil refleksi siswa saat belajar. Berdasarkan pembahasan, diperoleh bahwa jurnal refleksi dapat digunakan sebagai alat untuk mengaitkan pengetahuan awal dan pengetahuan baru menjadi satu konsep signifikan yang melahirkan respon bertanggung jawab. Jurnal refleksi ini penting untuk diterapkan karena dapat menjadi sarana bagi guru untuk menciptakan ruang berpikir yang melampaui materi pembelajaran dengan pemahaman dan respon yang benar.
Keywords: kimia; pembelajaran bermakna; refleksi
- Al-rawahi, N. M., & Al-balushi, S. M. (2015). The Effect of Reflective Science Journal Writing on Students’ Self-Regulated Learning Strategies. International Journal of Environmental & Science Education, 10(3), 367–379.
- Argandi, R., & Martini, K. S. (2013). Pembelajaran Kimia dengan Metode Inquiry Terbimbing dilengkapi Kegiatan Laboratorium Real dan Virtual pada Pokok Bahasan Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 44–49.
- Coulson, D., & Harvey, M. (2013). Scaffolding Student Reflection for Experience-Based Learning: a Framework. Teaching in Higher Education, 18(4), 401–414.
- Fauziya, D. S., & Suhara, A. M. (2015). Evaluasi Pembelajaran melalui Penulisan Jurnal Reflektif Berbasis Penilaian Diri di PBS Indonesia STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP SIliwangi, 2(1), 46–52.
- Fiddler, M., & Marienau, C. (2008). Developing Habits of Reflection for Meaningful Learning. New Directions for Adult and Continuing Education, (118), 75–86.
- Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.
- Indira, C. (2014). Best-Practices Pendekatan Saintifik dada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 4 Sampit. Kaunia, 10 (2), 141–151.
- Kirna, I. M. (2012). Pembelajaran Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 88–97.
- Poldner, E., Schaaf, M. Van Der, Simons, P. R., & Tartwijk, J. Van. (2014). Assessing Student Teachers’ Reflective Writing Through Quantitative Content Analysis. European Journal of Teacher Education, 37(3), 348–373.
- Rosa, N. M. (2012). Pengaruh Sikap pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Formatif, 2(3), 218–226.
- Septiyana, K. (2013). Penerapan Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Materi Sistem Imunitas terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA Negeri 1 Kajen. Unnes Journal of Biology Education, 2(1), 1-9.
- Shuell, T. J. (2010). Phases of meaningful learning. Review of Educational Research, 60(4), 531–547.
- Spalding, E., & Vegas, L. (2002). Demystifying Reflection: A Study of Pedagogical Strategies That Encourage Reflective Journal Writing. Teachers College Record, 104(7), 1393–1421.
- Van Brummelen, H. (2009). Berjalan dengan Tuhan di dalam Kelas: Pendekatan Kristiani untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press.
- Van Oudtshoorn, A. (2014). Taking a New Look at General Revelation. Australian EJournal of Theology, 21(3), 248–261.
- West, L. H. T., & Fensham, P. J. (2014). Prior Knowledge and the Learning of Science. Studies in Science Education, 1(1), 61–81.
Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.