Identifikasi Chemophobia dan faktor yang mempengaruhi Persepsi pada Mahasiswa

Nina Herlina*  -  Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Resi Pratiwi  -  Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Sri Mulyanti  -  Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Chemophobia” atau kecemasan kimia diyakini menjadi salah satu penyebab sedikitnya minat siswa terhadap jurusan kimia. Siswa juga kurang optimal dalam memahami pelajaran kimia. Siswa memandang kimia sebagai sesuatu yang negatif yang disebabkan oleh persepsi dan informasi yang mengenai kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi eksistensi Chemophobia  di kalangan mahasiswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan persepsi tersebut. Identifikasi dilakukan terhadap 60 mahasiswa jurusan sains dari beberapa universitas di Jawa dan Aceh menggunakan kuisioner googleform. Analisis dilakukan dengan tiga tahapan; penerimaan stimulus, pengelolaan stimulus, dan pembentukan persepsi. Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 55% responden  tidak  mengalami chemophobia sedangkan 45% responden mengalami chemophobia. Hal ini menunjukkan bahwa 45% responden memiliki ketakutan terhadap bahan kimia. Analisi pembentukan persepsi menunjukkan sebanyak 87% respoden mengaatakan bahan kimia berdampak positif. Hasil analiss faktor pembentukan persepsi dapat disimpulkan bahwa faktor internal memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan faktor eksternal dalam pembentukan persepsi tentang kimia jumlah yang mengalami Chemophobia  sedikit.

Keywords : chemopobia; identifikasi chemophobia; kecemasan kimia

  1. Binti Ibrahim, N. H., & Hj. Iksan, Z. B. (2018). Level of Chemophobia and Relationship with Attitude towards Chemistry among Science Students. Journal of Educational Sciences, 2(2), 52-65.
  2. Chalupa, R. & Nesmerak, K. (2018). Analytical Chemistry as a Tool for Suppressing Chemophobia : An Introduction to the 5E-Principle Analytical Chemistry as a Tool for Suppressing Chemophobia : An Introduction to the 5E-Principle. Monatshefte fuer Chemie/Chemical Monthly, 149(9), 1527–1534. https://doi.org/10.1007/s00706-018-2224-9
  3. Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4). Boston: Pearson.
  4. Crowe, J. M. (2019). Chemophobia and the Relation to Names. Jacksonville: Junior College Chemistry.
  5. Danarjati, D. P., Ekawati, A. R., & Murtiadi, A. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Eddy, R. M. (2000). Chemophobia in the College Classroom: Extent, Sources, and Student Characteristics. Journal of Chemical Education, 77(4), 514–517.
  7. Gribble, G. W. (2013). Food chemistry and chemophobia. Food Security, 5(2), 177–187.
  8. Hamid, A. 2018. Chemophobia (Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Bahan Kimia). Skripsi tidak dipublikasikan. UIN Sunan Kali Jaga: Jogjakarta
  9. Kamaruddin, N., Ibrahim, N. H. & Surif, J. (2015.) Attribution factors of chemistry anxiety: what are they? International Education Postgrduates Seminars, Johor Bahru, Johor.
  10. Keenan. (1986). Kimia Dasar Dan Terapan Modern Edisi Keempat, Jakarta : Erlangga
  11. Kennedy, J. & Griffin,D. (2016). Chemophobia: How We Became Afraid Of Chemicals And What To Do About It. Diakses pada tanggal 13 september 2020 dari https://www.acs.org/content/acs/en/acswebinars/popularchemistry/chemophobia/video.html
  12. Morais, C.(2015). Storytelling with Chemistry and Related Hands-On Activities: Informal Learning Experiences To Prevent “Chemophobia” and Promote Young Children’s Scientific Literacy. J. Chem. Educ. 92 (1), 58–65.

Open Access Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: (+62) 85640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps