PENINGKATKAN KETUNTASAN DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XB SEMESTER I SMA NEGERI I GUBUG MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

deny rahmadi*  -  SMA Negeri I Gubug, Indonesia

(*) Corresponding Author

Dari data hasil belajar Fisika Pokok Bahasan Besaran dan Satuan nilai rata-rata siswa kelas  XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014 masih di bawah 6,0. Ini menunjukkan masih rendahnya ketuntasan belajar siswa kelas   XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014 Kabu- paten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014 dimana KKM yang ditetapkan oleh Sekolah adalah 75. Proses pembelajaran dalam penelitian ini mengu- nakan modul pembelajaran fisika.Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Negeri I Gubug Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian dianalisis secara teknik diskriptip. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatan dibanding sebelum menggunakan modul pembelajaran. Begitu juga un- tuk hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor mengalami peningkatan dalam tiap siklusnya.

Keywords: Modul Pembelajaran Fisika. Ketuntasan Belajar dan Motivasi Belajar

  1. A.M. Sardiman, 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press
  2. Azwar, S. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  3. Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : DEPDIKBUD
  4. Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset
  5. Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
  6. Kanginan, Martin. 1996. Fisika SMU Kelas 1. Jakarta : Erlangga Nursito. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Nasution. 2000. Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
  7. Prayitno, Elida. 1984. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia
  8. Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
  9. Rinduwan. 2003. Statistika. Bandung : Alfabeta Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
  10. ................. 2001. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
  11. Suherman, E. 1990. Petunjuk Teknik untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah
  12. Suryabrata. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali
  13. Toeti, S. 1994. Teori dan Model Pembelajaran. Jakarta : DEPDIKBUD Wibawa,A.2003. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia
  14. Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps