PENINGKATKAN KETUNTASAN DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XB SEMESTER I SMA NEGERI I GUBUG MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

deny rahmadi

Abstract


Dari data hasil belajar Fisika Pokok Bahasan Besaran dan Satuan nilai rata-rata siswa kelas  XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014 masih di bawah 6,0. Ini menunjukkan masih rendahnya ketuntasan belajar siswa kelas   XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014 Kabu- paten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014 dimana KKM yang ditetapkan oleh Sekolah adalah 75. Proses pembelajaran dalam penelitian ini mengu- nakan modul pembelajaran fisika.Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Negeri I Gubug Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian dianalisis secara teknik diskriptip. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatan dibanding sebelum menggunakan modul pembelajaran. Begitu juga un- tuk hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor mengalami peningkatan dalam tiap siklusnya.


Keywords


Modul Pembelajaran Fisika. Ketuntasan Belajar dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman, 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press

Azwar, S. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : DEPDIKBUD

Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara

Kanginan, Martin. 1996. Fisika SMU Kelas 1. Jakarta : Erlangga Nursito. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Nasution. 2000. Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Prayitno, Elida. 1984. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rinduwan. 2003. Statistika. Bandung : Alfabeta Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

................. 2001. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Suherman, E. 1990. Petunjuk Teknik untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah

Suryabrata. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali

Toeti, S. 1994. Teori dan Model Pembelajaran. Jakarta : DEPDIKBUD Wibawa,A.2003. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2014.4.1.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id