PENINGKATKAN KETUNTASAN DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XB SEMESTER I SMA NEGERI I GUBUG MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Main Article Content
Abstract
Dari data hasil belajar Fisika Pokok Bahasan Besaran dan Satuan nilai rata-rata siswa kelas XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014 masih di bawah 6,0. Ini menunjukkan masih rendahnya ketuntasan belajar siswa kelas XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014 Kabu- paten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014 dimana KKM yang ditetapkan oleh Sekolah adalah 75. Proses pembelajaran dalam penelitian ini mengu- nakan modul pembelajaran fisika.Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Negeri I Gubug Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian dianalisis secara teknik diskriptip. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatan dibanding sebelum menggunakan modul pembelajaran. Begitu juga un- tuk hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor mengalami peningkatan dalam tiap siklusnya.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
A.M. Sardiman, 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press
Azwar, S. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : DEPDIKBUD
Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Kanginan, Martin. 1996. Fisika SMU Kelas 1. Jakarta : Erlangga Nursito. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Nasution. 2000. Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Prayitno, Elida. 1984. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia
Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Rinduwan. 2003. Statistika. Bandung : Alfabeta Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
................. 2001. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Suherman, E. 1990. Petunjuk Teknik untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah
Suryabrata. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali
Toeti, S. 1994. Teori dan Model Pembelajaran. Jakarta : DEPDIKBUD Wibawa,A.2003. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo