Perbandingan Aktivitas Pemodelan dengan Pendekatan Analitik dan Pendekatan Konstruktif untuk Siswa SMA di Yogyakarta

Anggi Catur Saputri Florentina Nova Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara pendekatan analitik dan konstruktif dalam aktivitas pemodelan suatu masalah matematika serta melihat pendekatan mana yang dapat membuat siswa berpikir logis, kritis dan sistematis. Penelitian ini, dilakukan dengan mengambil 7 siswa sebagai sampel random dari populasi siswa kelas XI SMA di Yogyakarta kemudian membagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menyelesaikan masalah yang diberikan dengan pendekatan analitik sedangkan kelompok lain menggunakan pendekatan konstruktif. Data hasil penelitian ini berupa deskripsi proses penyelesaian masalah matematika dan hasil pekerjaan yang dilakukan oleh kedua kelompok. Hasil dari penelitian ini, siswa yang menggunakan pendekatan analitik terlihat logis, sistematis namun kurang kritis karena terlalu banyak bertanya dan menunggu arahan. Siswa tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya. Sedangkan, siswa dengan pendekatan konstruktif cukup logis, kritis namun terkadang kurang sistematis. Siswa mengerjakan berdasarkan pemahamannya terhadap masalah yang diberikan. Setelah menyelesaikan soal siswa memeriksa kembali hasil pekerjaannya.

Keywords


pemodelan matematis, pendekatan analitis, pendekatan konstruktif

Full Text:

PDF

References


Huston, SJ Lamon, W A Parker, dan S K. (2003). Mathematical Modelling : A Way Of Life. Horwood Publishing Chicchester : England.

Enung, S. dan Untung, W. (2009). Matematika untuk SMA/MA Kelas XI Program Ilmu Alam. Penerbit Erlangga : Jakarta.

Alsa, K. (2014). Macam-macam Pendekatan Pembelajaran. Diakses pada tanggal 15 September 2016. Tersedia: http://rizkyamaliahalsa.blogspot.co.id/2014/06/macam-macam-pendekatan-pembelajaran.html.

Suparno, P. (2001). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA



Indexed By :
Journal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.