DIMENSI RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERGA PENJERNIHAN AIR

Main Article Content

Duwi Nuvitalia Siti Patonah Ernawati Khumaedi Ani Rusilawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi Rasa Ingin Tahu siswa melalui pendekatan saintifik berbantuan alat peraga penjernihan air. Rasa ingin tahu merupakan salah satu dimensi dari sikap ilmiah yang terbagi menjadi beberapa indikator, diantaranya yaitu: antusias mencari jawaban, perhatian pada obyek yang diamati, antusias pada proyek sains dan menanyakan setiap langkah kegiatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian mixed method yang menggunakan metode pengumpulan data secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes, lembar observasi dan lembar angket. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik berbantuan alat peraga penjernihan air dapat diketahui sikap ilmiah pada dimensi rasa ingin tahu siswa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ernawati Khumaedi Ani Rusilawati, D. N. S. P. (2016). DIMENSI RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERGA PENJERNIHAN AIR. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 10–17. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1077
Section
Articles

References

Apriliyanti, DS., Sri HAryani, & Arif Widyatmoko. 2015. Pengembangan alat Peraga IPA Terpadu pada Tema Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Science Education Journal. Vol.: 4. No 2. Hal 835-841.

Ismawati, F., Dwijananti, P., & Nugroho, S. E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 23.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Permendikbud. (2013). Jurnal Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Suciati, N., Arnyana, I., & Setyawan, I. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Hipotetik - Deduktif dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.

Sujarwanta, Agus. 2012. Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. Vol. 16 No. 1. Hal 75-83.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. 2012. Pengembangan Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol: 1 No. 1. Hal 51-56.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.