KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM

Main Article Content

Desi Wulandari Nuning Setyowati

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengkaji keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam kelas IV SDN Wonosari 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wonosari 01. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IVA (kelas eksperimen) dan siswa kelas IVB (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,45 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 57. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,707) >ttabel (1,728) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL lebih besar dibandingkan pendekatan konvensional. Nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,26 (rendah) dan kelas eksperimen 0,50 (sedang). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setyowati, D. W. N. (2017). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 50–57. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1494
Section
Articles

References

Glynn, S. M. dan Linda K. W. 2004. Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education, 16, 51-63.

Hudson, C. C. dan V. R. Wishler. 2011. Contextual Teaching and Learning for Practicioners. Systematic, Cybernetics, and Informatics, 6, 54-58.

Jannah, Ismiatul, dkk. 2014. PengaruhPendekatan Contextual Teaching and Learning terhadapHasilBelajar IPA SiswaKelas IV Semester II Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) SingarajaTahunPelajaran 2013/2014. E-JurnalMimbar PGSD UniversitasPendidikanGanesha, 2:1.

Putra, S. R. 2013. DesainBelajarMengajarKreatifBerbasisSains. Jogjakarta: Divapress.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: MengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Samriani. 2014. PenerapanPendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) dalamMeningkatkanHasilBelajarSiswapada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu, 4:2.

Sapriati, A. dkk. 2009. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Septiana, Anisya. 2015. Contextual Teaching and Learning Approach (CTL) in Matematics to Develop Adversity Qoutient (AQ). Proceeding of International Conference On Research Implementation and Education of Mathematics and Sciences, 1-6.

Sugiyono. 2015. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.