Analisis Pengaruh Prestasi Pengajaran Mikro dan Kemampuan Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Mengajar Matematika dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL)

Sofri Rizka Amalia Dian Purwaningsih*  -  Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Peradaban Bumiayu, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh prestasi pengajaran mikro terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, menganalisis pengaruh kemampuan disposisi matematika  terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, dan menganalisis pengaruh prestasi pengajaran mikro dan kemampuan disposisi matematika terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Pancasakti Tegal dan UNiversitas Peradaban Bumiayu. Pengambilan subjeknya dengan purposive sampling. Subjek dalm penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII program studi pendidikan matematika Universtas Peradaban Bumiayu, dan Universitas Pancasakti Tegal. Analisis dalam penelitian ini dengan  uji regresi menggunakan SPSS 16. Hasil analisis penelitian ini adalah ada pengaruh positif prestasi pengajaran mikro terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, ada pengaruh positif kemampuan disposisi matematika terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL, ada pengaruh positif prestasi pengajaran mikro dan kemampuan disposisi matematika terhadap kemampuan mengajar matematika dalam PPL.

Keywords: Pengajaran mikro, disposisi matematika, mengajar matematika dalam PPL

  1. Arsito, S. (2014). Analysis Of Relationship Between Micro Teaching Achievement and Teaching English Ability in Apprenticeship. Jurnal Pendidikan Telesari, 4 (1).
  2. Fadly, A. (2015). Pengaruh Prestasi Belajar Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Tata Niaga. Medan: Universitas Negeri Medan.
  3. Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Muhidin, S. A. dan Maman A. (2011). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  5. National Council of Teacher of Mathematics. (1989). Curriculum and evaluation standard for school mathematics. Reston, VA: Author.
  6. NCATE/NCTM. (2003). Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. http://www.math.uri.edu/ ~eaton/ NCATENCTM. pdf (diunduh 20 September 2013).
  7. Ruseffendi, H. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : PT.Tarsito
  8. Setyaningrum, W. (2009). Pengaruh Pengajaran Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Tahun Ajaran 2008/2009.Surakarta : UMS.
  9. Sofuroh. 2014. Model Learning Cycle 5E Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis dan Berpikir Kritis. Unnes Journal Of Mathematics Education Research, 3 (2), 91-97.
  10. Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT Tarsito.
  11. Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  12. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  13. Sukestiyarno,Y. L. 2012b. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  14. Supriatna, D. 2009. “Konsep Dasar Desain Pembelajaran”. Online http://docs.google. com/gview?url=http://www.tkplb.org/documents/etrainingmedia%20pembelajaran/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaran.pdf.(12 Januari, 2015: 19.14)

Open Access Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps