PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 2 PULOKULON

agus darmadi*  -  SMP N 2 Pulokulon, Indonesia

(*) Corresponding Author

Permasalahan pokok yang akan dipecahkan lewat Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA..

Penelitian ini merupakan tindakan guru untuk memperbaiki hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulokulon Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2004, dan pelakunya adalah guru IPA. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan siklus yang telah dilakukan motivasi dan perolehan nilai siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulokulon Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2004 mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Jadi secara keseluruhan siklus yang telah dilakukan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan  hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Keywords: Hasil Belajar, Motivasi, Pembelajaran kooperatif jigsaw

  1. Arikunto, Suharsimi 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
  2. Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. PT.Bumi Aksara
  3. Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
  4. B. Hamzah, Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
  5. Danim, Sudarwan. 2006. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Depdiknas. 2006. Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: CV. Duta Nusindo.
  7. Gabbin, Alexander, Wood. 2008.“An Experimental Study of Accounting Majors' Academic Achievement Using Cooperative Learning Groups”Issues in Accounting Education. Sarasota: Aug 2008. Vol. 23, Iss. 3; pg. 391, 14 pgs
  8. Gillies, Robyn M.2006. Ten Australian Elementary Teachers Discourse and Reported Pedagogical Practices during Cooperative Learning. The Elementary School Journal. Universitas of Queensland.Academi
  9. Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
  10. Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  11. Syaodih, Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rusdakarya.
  12. Wartono.2004.Model-model Pengajaran Dalam Pembelajaran Sain.Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan sistem dan Pengendalian Program.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps