PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM TRANSPORTASI MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) BAGI SISWA XI IPA1 SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi konsep sistem transportasi bagi siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Karangrayung. PTK ini ditempuh dalam 2 siklus. Terjadi perubahan motivasi dan hasil belajar siswa, motivasi belajar yang baik dan sangat baik meningkat sebesar 70% dari kondisi awal hanya 20% menjadi 90% pada akhir siklus II. Hasil belajar siswa yang tuntas juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hanya 30% menjadi 92,5%.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
A.M., Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
E.Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi ,Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: FPTK – IKIP Bandung
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Prikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya Hal. 61.
Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta:Penerbit Pinus.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Wahab.A.A.2009. Metode dan Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wahidmurni,dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran : Kompeteni dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Letera.
(HTML). M.S. Sutikno. 2007. Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. Blog.binadarma.ac.id. diunduh tanggal 10 Juli 2015.