PENGEMBANGAN BUKU GURU DAN BUKU PESERTA DIDIK BERKARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SD KELAS III


(*) Corresponding Author

Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III adalah menghasilkan buku ajar berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang valid.Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahap, yaitu Tahap 1: studi pendahuluan dengan mendapatkan data dari guru SD di Kota semarang kendal dan kajian teori. Tahap 2 :pengembangan buku ajar, berupa buku matematika cerdas dan berkarakter. Tahap 3: validasi isibahan ajar: dengan meminta beberapa orang validator yang terdiri dari praktisi dan akademisi. Tahap 4: validasi konstruk bahan ajar. Tahap 5  uji skala besar. Tahap 1 sampai 3 dilakukan telah dilakukan untuk mendapatkan buku matematika cerdas dan berkarakter yang valid.

Pengembanganbuku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang dikembangkan telah teruji valid. Hasil rata-rata penilaian yang di peroleh dari validator adalah 70 dari skor maksimal 88 (80%) yang berarti bahwa bahan ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasil  validasi  tersebut  dilakukan  penyempurnaan draft buku ajar.

Buku guru dan buku peserta didik matematika berbasis kurikulum 2013 yang berkarakter pada pembelajaran efektif, yang dapat dilihat dari (1) pembelajaran memenuhi ketuntasan baik secara individual maupun klasikal, (2) keaktifan peserta didik berpengaruh positif terhadap hasil belajar, (3) hasil belajar peserta didik menggunakan buku ajar matematika yang berkarakterlebih baik daripada hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan diatas maka buku pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang telah dilakukan sudah memenuhi prosedur pengembangan validasi isi dan validasi konstruk.

Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, E- learning, Cerdas, Karakter

  1. Abu Su’ud, Suwandi, dan Sudharto. 2011. Pendidikan Karakter Disekolah Dan Perguruan Tinggi. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
  2. Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.
  3. Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
  4. Kemendiknas. 2013. Keberhasilan kurikulum 2013.
  5. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/ (di akses 20 Mei 2013)
  6. Sanaky, H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press
  7. Sugiyono. 2009. Metoda Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
  8. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps