Development Of Light And Optics Learning Multimedia Oriented Students Creative Thinking Skill
Main Article Content
Abstract
Keywords: Creative Thinking, Development, Multimedia and Light and Optics.
Pembelajaran pada abad 21, Guru dituntut untuk mampu membekalisiswa dengan keterampilan berpikir kreatif. Pencapaian keterampilan berpikir kreatif dapat didukung dengan penggunaan multimedia.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada materi cahaya dan alat optik berorientasi keterampilan berpikir kreatif siswa yang dapat digunakandalam proses pembelajaran baik secara daring atau luring. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hanaffin and Peck yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan pengembangan atau implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan soal pretest-posttest berpikir kreatif siswa. Sampel penelitian terdiri dari 18 siswa di MTs Nurul Islam Batang Hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia tersebut layak dan praktis untuk dikembangkan valid untuk digunakan ditunjukkan dengan hasil validasi materi dengan persentase 96,53 berada pada kategori sangat valid dan validasi media dengan persentase 91,54 berada pada kategori sangat valid. Multimedia dikategorikan praktis digunakan ditunjukkan pada hasil penilaian guru yaitu senilai 90,4 % berada pada kategori sangat praktis. serta sangat efektifdalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif ditnjukkan dengan nilai N-Gain yang 0,84 kategori tinggi. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengimplementasikan pengembangan multimedia ini kedalam penelitian eksperimen atau penelitian Tindakan kelas sehingga dapat menghasilkan pengaruh yang lebih akurat mengenai multimedia yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Akdon, R. d. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika Bandung: Alfabet.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual: Prenada Media.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman,.
Andresen, B. B., & van den Brink, K. (2002). Multimedia in Education. Paper presented at the Information technologies at school: conference materials.
Boden, M. (2001). Creativity in education. London: Continuum.
Borg- , W.R. and Gall, M.D. 1982. Educational Research. Boston: Allyn and Bacon
Chaeruman, U. (2010). E-learning dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Kemendiknas.
Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301.
Guan, N., Song, J., & Li, D. (2018). On the Advantages of Computer Multimedia-Aided English Teaching. Procedia computer science, 131, 727-732.
Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118-125.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores.
Hakim, A., Liliasari, L., Setiawan, A., & Saptawati, G. (2017). Interactive Multimedia Thermodynamics to Improve Creative Thinking Skill of Physics Prospective Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 33-40.
Kemp, Jerrold E., dan Dayton, Deane K. 1985. Planning And Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publisher Inc
Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).
Dewi, L. S., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2019). Development of Student Worksheets on Heat Material Based on Guided Inquiry to Increase Creative Thinking Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(2), 110-120.
Marnita, M., & Ernawati, E. (2017). The Use of Interactive Multimedia (Macromedia Flash) to Increase Creative Thinking Ability of Students in Basic Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 71-78.
Mayer, R. E. 2001. Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Pustaka Pelajar.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Kumano, Y. (2018). Analysis of Students’ Critical Thinking Skill of Middle School Through STEM Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54-65.
Ogilvie, C. (2009). Changes in Students’ Problem-Solving Strategies in a Course that Includes Context-Rich, Multifaceted Problems. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 5(2), 020102.
Okta Faizah, N., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 52-58.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2).
Scriven. M, P., R. (2013). Defining Critical Thinking
Soland, J., Hamilton, L. S., & Stecher, B. M. (2013). Measuring 21st Century Competencies Guidence For Educators: RAND Corporation.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Paper presented at the PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan: Yogyakarta: UNY Press.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar: Jakarta: Kencana prenada media group.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesot
Wahyudin, S., A. Isa. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).
Wahyuni, S., Indrawati, I., Sudarti, S., & Suana, W. (2017). Developing Science Process Skills and Problem Solving Abilities Based on Outdoor Learning in Junior High School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1).
Widodo, O., An’nur, S., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan media pembelajaran menggunakan slide presentasi 3 dimensi sebagai multimedia interaktif pada pokok bahasan kalor untuk siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 19-29.