Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang.

Mursalim Nawawi*  -  Sekolah Menengah Atas Rahmatul Asri Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia
Sitti Jumriani  -  Sekolah Menengah Atas Rahmatul Asri Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Results Research Instrument

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan media pengajaran visual model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data aktivitas belajar menggunakan tabel pengamatan aktivitas kooperatif awal, menengah, dan tingkat mahir. Sedangkan data hasil belajar berupa pengetahuan, diperoleh dengan tes hasil belajar dalam bentuk  instrumen soal ujian yang hasilnya dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksprimen, aktivitas belajar terjadi peningkatan yang cukup baik dan bersemangat belajar  pada tiap pertemuan, sedangkan kelas kontrol aktivitasnya terlihat fluktuatif, kadang  terjadi peningkatan, kadang pula terjadi penurunan aktivitas belajar. Begitupun dari segi hasil belajar, siswa dikelas eksprimen, hasil belajarnya lebih baik  daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Penggunaan media pengajaran visual pada setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar yang terjadi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar dengan sendirinya.

Supplement Files

Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; STAD

  1. Agustina, Maria. (2010). Presentasi Lebih Kreatif dengan Microsoft Powerpoint 2010. Andi Offset. Yogyakarta.
  2. Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
  3. Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 3. Bumi Aksara. Jakarta.
  4. Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.
  5. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
  6. Ibrahim,M., & Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya.
  7. Mulyasa. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan, Pengembangan Standar Kompetensi Dasar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  8. Nurhayati dan Sappe, W,L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Biologi FMIPA UNM. Makassar.
  9. Purwanto, (2011). Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
  10. Ramli, Rahmi. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Dengan Media Gambar Pada Konsep Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan Biji Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas III SMP Negeri 3 Binamu Kab. Jeneponto. Jurusan Biologi FMIPA UNM. Makassar.
  11. Rosidah, Ani. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk meningkatkan Pembahaman Konsep siswa Pada mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas .Nomor 2 volume 2.
  12. Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana. Jakarta.
  13. Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.
  14. Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
  15. Sianipar, Pandotan. (2013). Menggunakan Microsoft Office Power Point 2010. Elex. Jakarta.
  16. Silberman. (2017). Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif Cetakan XIII (Terjemahan). Nuansa cendana, Bandung.
  17. Sujiono dan Khaeruddin. (2005). Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Open Access Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps