Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang.
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan media pengajaran visual model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data aktivitas belajar menggunakan tabel pengamatan aktivitas kooperatif awal, menengah, dan tingkat mahir. Sedangkan data hasil belajar berupa pengetahuan, diperoleh dengan tes hasil belajar dalam bentuk instrumen soal ujian yang hasilnya dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksprimen, aktivitas belajar terjadi peningkatan yang cukup baik dan bersemangat belajar pada tiap pertemuan, sedangkan kelas kontrol aktivitasnya terlihat fluktuatif, kadang terjadi peningkatan, kadang pula terjadi penurunan aktivitas belajar. Begitupun dari segi hasil belajar, siswa dikelas eksprimen, hasil belajarnya lebih baik daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Penggunaan media pengajaran visual pada setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar yang terjadi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar dengan sendirinya.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, Maria. (2010). Presentasi Lebih Kreatif dengan Microsoft Powerpoint 2010. Andi Offset. Yogyakarta.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 3. Bumi Aksara. Jakarta.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Ibrahim,M., & Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya.
Mulyasa. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan, Pengembangan Standar Kompetensi Dasar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nurhayati dan Sappe, W,L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Biologi FMIPA UNM. Makassar.
Purwanto, (2011). Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Ramli, Rahmi. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Dengan Media Gambar Pada Konsep Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan Biji Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas III SMP Negeri 3 Binamu Kab. Jeneponto. Jurusan Biologi FMIPA UNM. Makassar.
Rosidah, Ani. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk meningkatkan Pembahaman Konsep siswa Pada mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas .Nomor 2 volume 2.
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana. Jakarta.
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Sianipar, Pandotan. (2013). Menggunakan Microsoft Office Power Point 2010. Elex. Jakarta.
Silberman. (2017). Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif Cetakan XIII (Terjemahan). Nuansa cendana, Bandung.
Sujiono dan Khaeruddin. (2005). Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.