Efektivitas Model Pembelajaran Stay and Stray dengan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4954Keywords:
efektivitas, hasil belajar, stay and stray, flashcard.Abstract
Kreativitas guru dalam mengembangkan model dan media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Stay and Stray dengan media Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Semarang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain Quasi eksperimen Pre-test and Post-test group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada kelas XI IPA 4 dan XI IPA 8 menggunakan 2 metode, yaitu metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 93,5 dan kelas kontrol adalah 79,25. Data yang diperoleh adalah thitung = 8,699 dan ttabel= 1,669, karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Stay and Stray dengan media Flashcard pada materi sistem pernapasan terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Semarang.Downloads
References
Agung, Iskandar. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Agus. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kustandi, Cecep. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Lie, A. (2008.) Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Rosmaini, Suryawati, E, & Mariani N. L. (2004). Penerapan Pendekatan Struktural Think–Pair–Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Kelas I.7 SLTP N 20 Pe-kanbaru Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hewan. Jurnal Biogenesis, 1(1):9-14, 2004.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daryanto & Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Malang: Gava Media.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kustandi, Cecep. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Kustiyati, Nurul, et al. (2017). The Developmen of TSTS Teaching Strategy With Outdoor Learning Method in System of Linear Equetion and Inequality Material. Proceedings Education and Language. Hal. 611-618.
Lie, A. (2008). Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Rosmaini, Suryawati, E, & Mariani N. L. (2004). Penerapan Pendekatan Struktural Think–Pair–Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Kelas I.7 SLTP N 20 Pe-kanbaru Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hewan. Jurnal Biogenesis, 1(1): 9-14.
Pradana, V.G., & Pramukantoro, J.A. (2013). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2): 661 – 668.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.