Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Vertebrata di Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5996Keywords:
media pembelajaran, motivasi belajar, scrapbook, vertebrata.Abstract
Siswa menganggap materi Biologi sulit sehingga menyebabkan motivasi belajar menurun. Alternatif meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan menggunakan media pembelajaran scrapbook. Hasil menunjukkan penilaian kualitas scrapbook oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 91%, ahli media sebesar 84%, dan guru Biologi sebesar 94% serta tanggapan siswa sebesar 87%. Motivasi belajar awal diperoleh skor 56% dengan kategori sedang/ cukup termotivasi, motivasi belajar akhir diperoleh skor 79% dengan kategori tinggi/ termotivasi. Berdasarkan pengukuran motivasi belajar disimpulkan pengembangan media pembelajaran scrapbook dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 23% dengan gain score 0.52 termasuk dalam kategori sedang. Pada uji beda dengan uji t diperoleh thitung sebesar 16.449 dan ttabel sebesar 2.093, karena thitung > ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran scrapbook. Media scrapbook memperoleh penilaian kategori sangat baik, sehingga sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran scrapbook pada materi vertebrata dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X.
Downloads
References
Adam, Steffi dan Taufik, Muhammad. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. 3 (2).
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi, S.A.J. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Bunga Ihda Norra. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Guided Inquiry Materi Tumbuhan Berbiji Pada SMK Farmasi Nusaputera. Al Hayat. 1 (1). 27 – 33.
Damayanti, Maita dan Zuhdi, Ulhaq. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia. JPGSD. 5 (3): 805.
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5 (2): 176.
Gafur, Abdul. (2012). Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Evi Fatimatur. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. .Jakarta: Rajawali Pers.
Murjainah dan Nurdiana, Indah. (2017). Hubungan Penggunaan Media Scrapbook Dengan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 41 Palembang. Edutech. 16 (3): 274.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Sari, Liawati Permata. (2017). Pengembangan Media Scrapbook Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tata Surya. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.
Siti Alfiyah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Permainan Biodakon Materi Vertebrata Kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo Semarang
Soewadji, Jusuf. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.