PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MA NU HASYIM ASY’ARI 3 KUDUS

Shofia Lana Fauziyah

Abstract


Ketidakpahaman siswa mengenai materi vertebrata, menyebabkan mereka menganggap bahwa materi Biologi sulit sehingga menyebabkan motivasi belajar menjadi menurun. Salah satu alternatif untuk mengatasi penurunan motivasi belajar yaitu dengan menggunakan media pembelajaran scrapbook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kualitas scrapbook oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 91%, penilaian oleh ahli media sebesar 84%, penilaian oleh guru Biologi sebesar 94% dan tanggapan siswa sebesar 87%. Hasil motivasi belajar awal diperoleh skor 56% dengan kategori sedang/ cukup termotivasi, sedangkan motivasi belajar akhir diperoleh skor 79% dengan kategori tinggi/ termotivasi. Berdasarkan pengukuran motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran scrapbook dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 23% dengan gain score sebesar 0.52 termasuk dalam kategori sedang Pada uji beda dengan uji t diperoleh thitung sebesar 16.449 dan ttabel sebesar 2.093, karena thitung > ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran scrapbook. Media pembelajaran scrapbook secara keseluruhan memperoleh penilaian dalam kategori sangat baik, sehingga sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran scrapbook pada materi vertebrata dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X.

Keywords


scrapbook, media pembelajaran, vertebrata, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi dan Taufik, Muhammad. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. 3 (2): 79.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.

Damayanti, Maita dan Zuhdi, Ulhaq. 2017. Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia. JPGSD. 5 (3): 805.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5 (2): 176.

Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Murjainah dan Nurdiana, Indah. 2017. Hubungan Penggunaan Media Scrapbook Dengan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 41 Palembang. Edutech. 16 (3): 274.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Liawati Permata. 2017. Pengembangan Media Scrapbook Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tata Surya. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.