Analisis Kemandirian Belajar Biologi Siswa MAN Pada Masa Pandemi

Ulfatun Ulfatun Muyasaroh*  -  Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Ndzani Latifatur Rofi’ah  -  Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Covid-19 berpengaruh terhadap aspek pendidikan, pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Guru menjelaskan materi pembelajaran secara online, sehingga siswa harus lebih mandiri dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring. Jenis penelitiaan ini kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen pengumpulan data berbentuk angket skala likert yang disebar melalui google form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar terdapat enam indikator, yaitu tujuan belajar (74,48 %), strategi belajar (75,62 %), manajemen waktu (79,34 %), lingkungan (84,43 %), pencarian bantuan (77,34 %), dan evaluasi diri (74,85 %). Tingkat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring dikategorikan tinggi.

Keywords: kemandirian belajar; pembelajaran biologi; pembelajaran daring

  1. Ambiyar, Aziz, I. dan Melisa. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di SMAN 1 Lembah Melintang Dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia, 04(02), 1246–1258.
  2. Arista, F. S. dan Kuswanto, H. (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual
  3. Understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16.
  4. Bunandar, A. E. S. (2016). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X Mas Al-Mustaqim Kubu Raya. Skripsi. Pontianakan: Universitas Muhammadiyah Pontianak.
  5. Firman dan Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 02(02), 81–89.
  6. Friantini, R. dan Winata, R. (2020). Disposisi Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring Berbantuan Google Classroom Masa Covid-19. Jurnal Derivat, 7(2), 53–64.
  7. Gilbert, B. (2015). Online Learning Revealing the Benefits and Challenges. Education Master. Paper 303.
  8. Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., & Rawamangun. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.
  9. Jaelany, Ahmad., Fauzi, Ahmad., Aisah, Heni., Zaqiyah, Qiqi Yuliyanti. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimada Pandemi Covid-19. Jurnal Ikatan Alumni PGSD Unars, 8(1), 12–24.
  10. Khoiri, Nur. (2018). Metodologi Penelitian Pendidiakan (Ragam, Model, & Pendidikan). Semarang: Southeast Asian Publishing.
  11. Koroh, T. D. (2020). Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar, 3, 54–59.
  12. KPCPEN. (2021). Update Data Kasus Covid19. Diakses tanggal 18 Maret 2021
  13. https://covid19.go.id
  14. Kurniati, T, Irwan, R. Y., Asni, S. H., Devi, K., Dewi., & I. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(1), 40–46.
  15. Kusuma, R. F., Sari, Y. and Khoirotun, N. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7–13.
  16. Makur, A.P., Emilianus, J., Sebastianus, F., Silfanus, J., Viviana, M., & Polikarpus, R. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1).
  17. Marfu’ah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Online Di SMP Negeri 1 Cilongok. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
  18. Mendikbud RI. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).
  19. Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 4(1), 24–30.
  20. Rahmasari, A. F., Setiawan, F. dan Nanda, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 158–168.
  21. Ritongga, I. D. (2020). Analisis Pembelajaran Daring dalam Menumbuhkan Ketrampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Biologo di SMA Negeri 1 Simangumban. Skripsi. Medan: UIN Sumatera Utara.
  22. Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.
  23. Sihotang, H., Bernadetha, N. dan Rospita, S. (2020). Penerapan Belajar Mandiri Dengan Strategi Efektif Pada Masa Pandemi Covid 19 Bagi Remaja HKBP Duren Jaya Bekasi. Jurnal Comunita Servizio, 2(1), 393–405.
  24. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  25. Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Mataram, 9(2).

Open Access Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps