Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Ketersediaan dan Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium IPA Terhadap Motivasi Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4944Keywords:
laboratorium, motivasi belajar, persepsi.Abstract
Salah satu fasilitas yang mendukung proses pembelajaran IPA adalah laboratorium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendreskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan pemanfataan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Metode pengambilan sampel yang adalah Simple Random Sampling dengan jumlah resonden 30. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Data dianalisis dengan regresi linier ganda dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 1,81955321 sedangkan taraf signifikan 5% adalah 3,28. Artinya tidak ada pengaruh ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi. Nilai kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan permanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi sebesar 11,87% sedangkan 88,12 % ditentukan oleh faktor lain berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kebutuhan belajar, harapan, cita-cita, dan minat sedangkan faktor eksternal berupa dorongan keluarga, lingkungan, imbalan.
Downloads
References
Departemen Agama. (2004). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Mekar Surabaya.
Muliawan, Wawan. (2018). Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama ).
Rohmah, Noer. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tim Ahli Program STEP-2. (2007). Manajemen Laboratorium IPA.Jakarta:Departemen Agama Republik Indonesia.
Litasari, K.N., Setiati, N., & Herlina, L. (2014). Profil Pembelajaran Biologi Berbasis Laboratorium dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Semarang. Journal of Biology Education, 3(2): 172 – 179.
Maretasari, E., Subali, B., & Hartono. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. UPEJ, 1(2): 28 – 31.
Muliawan, Wawan. (2018). Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).
Murdiyahwati E. (2010). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Kegiatan Laboratorium Materi Pokok Biologi Sel Terhadap Hasil Belajar Praktikum Biologi di Kelas XI MAN 1 Semarang. (Skripsi). Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Rohmah, Noer. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Sudargo FT, & Soesy AS. (2009). Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. FPMIPA UPI: Laporan Penelitian.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sundari, R. (2008). Evaluasi pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri Sekabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (XII) 2: 196 - 212
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tim Ahli Program STEP-2. (2007). Manajemen Laboratorium IPA. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.