PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019

Nila Fadhilah, Kusrinah Kusrinah, Anif Rizqianti

Abstract


Salah satu fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran IPA adalah laboratorium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendreskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan pemanfataan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Metode pengambilan sampel yang adalah Simple Random Sampling dengan jumlah resonden 30. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier ganda dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  sebesar 1,81955321 sedangkan  taraf signifikan 5% adalah 3,28. Karena nilai  hal ini berarti Ho diterima. Artinya tidak ada pengaruh ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi. Nilai kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan permanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi sebesar 11,87% Sedangkan 88,12 % ditentukan oleh faktor lain yang ada kalanya berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita, minat sedangkan faktor eksternalnya berupa dorongan keluarga, lingkungan, imbalan.

Kata kunci: Persepsi, ketersediaan, pemanfaatan, fasilitas, laboratorium, motivasi belajar

Keywords


Persepsi, ketersediaan, pemanfaatan; fasilitas; laboratorium; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Mekar Surabaya.

Muliawan, Wawan. 2018. Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama ).

Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tim Ahli Program STEP-2. 2007. Manajemen Laboratorium IPA.Jakarta:Departemen Agama Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.